Lihat ke Halaman Asli

Muthiah Alhasany

TERVERIFIKASI

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Jubah Rasulullah Dipamerkan Selama Ramadan di Istanbul

Diperbarui: 13 Mei 2019   20:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jubah Rasulullah (dok.sabahdaily)

Sejak Jumat yang lalu, Jubah kuno yang dikenakan oleh Nabi Muhammad  SAW dikeluarkan dari penyimpanannya. Jubah tersebut diperlihatkan kepada masyarakat sebagai bagian dari penghormatan bulan suci Ramadhan.

Jubah Rasulullah dinamakan Jubah Suci. Jubah ini terbuat dari linen, katun dan sutra, dikenakan oleh Nabi Muhammad SAW . 

Ini adalah peninggalan Rasulullah yang dibawa ke Istanbul pada masa pemerintahan Ottoman Sultan Ahmet I pada abad ke-17.  Pada masa itu Kekaisaran Ottoman menguasai sebagian besar dunia Islam, termasuk   Arab Saudi saat ini.

Setiap tahun selama bulan Ramadhan, jubah itu dipajang khusus di Masjid Hirka-i Serif di Istanbul, menarik ratusan ribu pengunjung. Baik penduduk asli maupun wisatawan berusaha untuk melihat jubah tersebut.

Pameran relik suci dibuka pada hari Jumat pertama setiap bulan Ramadhan di masjid yang terletak di distrik kota Fatih  dan tetap dipajang hingga akhir bulan. Jubah ini dahulu telah dipercayakan kepada Uwais al-Qarni, yang pergi ke Madinah untuk menemui Nabi Muhammad pada abad ketujuh tetapi harus kembali ke Yaman karena sakit ibunya tanpa melihat nabi.

 Terkesan oleh bakti Uwais pada ibunya,  sang nabi menyerahkan jubahnya kepada al-Qarni melalui para sahabat dan ia menerima pakaian itu di Yaman. Al-Qarni tidak memiliki anak dan relik itu diturunkan kepada saudaranya dan masih di bawah perlindungan keluarga yang sama. 

Keluarga Al-Qarni tinggal di Anatolia selatan selama berabad-abad. Namun, mereka kemudian bermigrasi ke Kuadas di wilayah Aegean. 

Pada abad ke-17, Sultan Utsmani Ahmet I meminta mereka untuk membawa peninggalan suci ke Istanbul di mana peninggalan suci Islam lainnya dilestarikan. Setelah jubah dibawa ke Istanbul, dua kunci dibuat, satu untuk sultan dan satu untuk keluarga Al-Qarni, untuk kotak terkunci tempat jubah itu ditampilkan.

Istanbul menampung sebagian besar relik suci di Istana Topkapi sejak penaklukan Sultan Selim atas Mesir pada abad ke-16.. Sultan mengamankan merebut barang-barang nabi saat itu dalam tahanan kekhalifahan Mamluk. 

Di bawah kontrol kekhalifahan global umat Islam. Di antara mereka adalah peninggalan dari zaman kenabian, gigi nabi dan rambut dari janggut nabi serta sandal dan mangkuk yang ia gunakan.

Upacara diadakan untuk membuka jubah untuk ditampilkan kepada umum. Pejabat lokal dan Bar Samir, seorang keturunan Uwais al-Qarni, menghadiri upacara pembukaan resmi yang ditandai dengan pembacaan ayat-ayat dari Al-Quran. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline