Lihat ke Halaman Asli

Muthiah Alhasany

TERVERIFIKASI

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Prabowo Tidak Ada Seujung Kuku Bung Karno

Diperbarui: 10 April 2019   13:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prabowo (dok.kompastv)

Saya gemas dan geli mendengar perkataan Fadli Zon yang menyamakan Prabowo dengan Bung Karno. Ini orang mengigau atau mimpi di siang bolong.

Kalau mau mengangkat junjungan janganlah keterlaluan, cari yang levelnya lebih dekat. Terlalu jauh perbedaan antara Bung Karno dengan Prabowo.

Bung Karno, bagi para pengagumnya (seperti saya) hanya ada satu di dunia dalam satu abad. Dia adalah manusia yang teramat langka. Beruntung Indonesia dikaruniai tokoh seperti dia.

Saya hanya akan menguraikan beberapa kelebihan yang dimiliki Bung Karno, yang tidak dimiliki tokoh zaman sekarang. Dia tidak bisa dibandingkan dengan orang orang yang ada di elite politik saat ini.

Pertama, Bung Karno ditempa oleh berbagai kesulitan dalam perjuangan mencapai kemerdekaan. Dia dipenjara berulang kali oleh penjajah Belanda, hingga diasingkan di Ende.

Coba, saya mau tanya, adakah tokoh sekarang yang mengalami hal seperti itu? Prabowo lari ke Jordania, ketika Orde Baru tumbang. 

Pemimpin pemimpin kelas dunia, merasakan dinginnya penjara demi memperjuangkan bangsa dan negara. Sebut saja Nelson Mandela, yang puluhan tahun memimpin perjuangan dari balik jeruji besi.

Kedua, Bung Karno berhati lembut, tidak pernah mengamuk pada orang lain. Saking lembutnya, membunuh lalat pun ia tidak tega. 

Ketika ada orang yang mengadukan nasibnya kepada Bung Karno, ia menangis. Padahal orang yang mengadu tersebut, pernah berbuat jahat kepadanya (saya tidak ingin menyebut siapa namanya). 

Ketiga, Bung Karno adalah orator ulung. Ketika berbicara di atas podium, semua orang mendengarkan dengan suka rela. 

Pada saat ia berpidato, tak ada seorangpun yang mengeluarkan suara. Tapi bukan karena takut, melainkan takjub dengan apa yang disampaikan Bung Karno.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline