Lihat ke Halaman Asli

Muthiah Alhasany

TERVERIFIKASI

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pejabat Pelanggan PSK Harus Diungkap

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kali ini saya setuju dengan Kabareskrim Budi Waseso yang berniat mengungkap nama-nama pejabat yang menjadi pelanggan PSK kelas atas. Sebagaimana pengakuan mucikari RA, sebagian pelanggan adalah pejabat dan anggota DPR.  Gubernur DKI, Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok, sangat mendukung langkah Buwas, karena bisa jadi orang-orang yang berusaha menyingkirkannya adalah koruptor pelanggan PSK.

Memang sikap yang berbeda justru ditunjukkan Wapres Jusuf Kalla yang mengimbau agar nama-nama tersebut tidak dibuka ke publik. Alasannya, jika nama tersebut tidak benar, maka akan timbul fitnah dan pencemaran nama baik. Padahal soal benar tidaknya pejabat yang disebut RA sebagai pelanggan, bisa dibuktikan di pengadilan, dimana ia akan dipanggil sebagai saksi.

Nama-nama pejabat pelanggan PSK harus diungkap. Mengapa begitu?

1. Mengetahui moral pejabat ybs.

Kita tahu banyak pejabat yang munafik, sok alim dan suci. Ternyata di belakang, moralnya bejat. Orang ini jelas tak bisa dipercaya. Masyarakat harus mengetahui tipe-tipe pejabat seperti ini. Kalau ia bisa mengkhianati istri dan keluarganya, maka ia juga bisa berkhianat terhadap amanah jabatan, menyalahgunakan wewenang dan rentan untuk melakukan korupsi agar bisa membayar PSK.

2. Menimbulkan efek jera

Jika tidak diungkap, maka tidak akan ada efek jera. Mereka akan tetap menjalankan hobi esek-eseknya dengan PSK dengan cara lebih canggih agar tidak ketahuan oleh orang lain. Maka pejabat-pejabat seperti ini juga bakal akan terus menggerogoti keuangan negara dengan dalih pelaksanaan tugas, msekipun hanya digunakan untuk membayar PSK.

3. Menyelamatkan nama baik institusi

Misalnya ada anggota pejabat atau anggota DPR ketahuan menjadi pelanggan PSK, pasti membawa preseden buruk bagi institusi yang bersangkutan. Kalau tidak diberi hukuman, maka masyarakat tidak bisa lagi mempercayai institusi tersebut.  Lembaga-lembaga negara harus dibersihkan dari orang-orang seperti itu.

4. Menyelamatkan uang negara

Pejabat pelanggan PSK cenderung melakukan korupsi untuk membayar harga mahal PSK. Kalau dibiarkan, entah berapa banyak uang negara yang bakal amblas untuk memuaskan nafsu si pejabat. Dengan mengungkap nama-nama mereka, banyak uang negara yang bisa diselamatkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline