Lihat ke Halaman Asli

Muthiah Alhasany

TERVERIFIKASI

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Cara Tepat dan Hemat Menghilangkan Jerawat

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Jerawat, bagi sebagian orang merupakan masalah yang paling menyebalkan. Terutama bagi anak-anak remaja atau ABG yang selalu ingin kelihatan sempurna agar dapat menarik perhatian lawan jenis. Adanya jerawat di wajah, membuat mereka tidak percaya diri dan malu bergaul. Karena itulah mereka dengan segala daya dan cara, berusaha mengenyahkan jerawat agar jangan nangkring di wajah mereka.

Tidak sedikit produk anti jerawat yang beredar di pasaran, tersedia di super market hingga toko obat jalanan. Tapi tunggu dulu, jangan sembarang menggunakan obat jerawat. Beberapa jenis kulit sensitif tidak bisa menerima obat-obatan. Jika salah memilih, bukannya sembuh, malah menyebabkan kulit wajah semakin rusak. Harus diingat bahwa obat-obatan tersebut mengandung zat kimia yang cukup berbahaya bagi kesehatan kulit.

Bagaimana kalau membuang jauh-jauh obat-obatan yang ditawarkan iklan di televisi? Itu lebih baik. Sebenarnya ada cara mengobati jerawat dengan cepat, mudah dan murah. Tidak perlu buang waktu ke salon, tidak perlu keluar kocek terlalu dalam, cukup ke pasar tradisional dan mengeluarkan uang  hanya beberapa ribu perak. Apa sih obatnya?

Obat jerawat yang dimaksud adalah asam jawa. Siapa yang tak kenal asam jawa? ya, kalau bikin sayur asam, tidak mungkin tanpa unsur satu ini. Yang perlu dibeli adalah asam jawa yang sudah dikemas dalam plastik, seperti segumpal/sebongkah  kue batangan. asam jawa itu sudah dibuang kulitnya, disatukan dalam plastik ukuran setengah kilo-an, jadi sudah berbentuk lembek hitam tetapi masih mengandung serat-seratnya. Beli saja satu plastik, cukup untuk lebih dari satu minggu.

Cara pemakaiannya tidak ribet. Asam jawa tidak perlu dicampur dengan ramuan lain. Hanya asam jawa thok! Pagi hari bersihkan wajah, kalau bisa dikompres dengan air hangat. Kemudian cuil asam jawa dan tempelkan ke jerawat-jerawat. Jadi pemakaiannya bukan sebagai masker, melainkan ditotol di atas jerawat-jerawat itu satu persatu hingga selesai. Diamkan antara 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi pemakaian pada malam hari sebelum tidur. Demikian dapat dilakukan setiap hari hingga jerawat lenyap dan wajah kembali bersih dan licin.

Cara ini telah dibuktikan oleh kedua keponakan perempuan saya. Wajah mereka subur dengan jerawat. Kini setelah mendapat perawatan dengan asam jawa, wajah mereka menjadi halus, bebas jerawat. Kalian yang mempunyai masalah dengan jerawat, tidak ada salahnya untuk mencoba. Toh tidak ada ruginya. Tidak ada efek samping dan tidak merusak kantong.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline