Definisi & Konsep E-Commerce
E-Commerce apabila di pilah, terdiri dari huruf E yang berarti Electronic dan Commerce adalah perdagangan. Jadi apabila di artikan E-Commerce adalah kegiatan perdagangan, pemasaran, dan penyebaran antara penjual dan pembeli menggunakan sistem elektronik.
Dalam buku "Introduction to Information Technology", E-Commerce berarti perdagangan elektronik yang mencakup proses pemblian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk baik berupa produk, layanan atau informasi melalui jaringan komputer termasuk Internet(Turban, 2005:181)
E-commerce dapat didefinisikan dari beberapa perspektif:
Komunikasi: pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya
Perdagangan: penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi melalui Internet atau fasilitas online lainnya
Proses Bisnis: menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis fisik dengan informasi
Layanan: cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen
Pembelajaran: sarana pendidikan dan pelatihan online untuk sekolah, universitas, dan organisasi lain termasuk perusahaan
Kolaborasi: metoda kolaborasi antar dan intra organisasi
Komunitas: tempat berkumpul (mangkal) bagi anggota suatu masyarakat untuk belajar, mencari informasi, melakukan transaksi, dan berkolaborasi