Lihat ke Halaman Asli

Berbagai Ilmu yang Diperoleh Mahasiswa UPN Veteran Jatim Saat Melaksanakan Magang MBKM di Kantor DPD Ferari Jatim

Diperbarui: 19 September 2023   11:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hukum. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pada awal tahun 2022 ini, kami Mahasiswa Fakultas Hukum UPN Veteran Jawa Timur Angkatan 2019 melakukan Magang MBKM. Pelaksanaan magang ini sendiri berjalan selama satu semester, yaitu kurang lebih enam bulan. 

Magang MBKM merupakan kegiatan akademis yang dapat menjadi pilihan mahasiswa setara dengan penerapan 20 SKS Mata Kuliah yang dilaksanakan di luar kampus, sebagai media bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman rill dalam dunia industri. Kelompok saya terdiri dari empat orang, dan kami kebetulan mendapatkan lokasi Magang MBKM di Surabaya, tepatnya di kantor DPD Ferari Jawa Timur.

Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) adalah organisasi yang berdiri pada tanggal 10 November 2017. Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) merupakan himpunan para advokat yang berasal dari berbagai suku, agama, latar belakang politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia. 

Yang kesemuanya mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan golongan, dan meyakini bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik hanyalah dapat diwujudkan dengan mempertahankan sistem demokrasi serta konsep negara hukum yang berkeadilan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berikut adalah beberapa hal yang kami dapatkan selama berlangsungnya magang di kantor DPD FERARI Jawa Timur: mengerti bagaimana beracara yang baik dan benar sebagai advokat sesuai kode etik, mengerti bagaimana cara berjalannya sidang secara langsung, mengerti bagaimana menegakkan hak asasi manusia dan keadilan dari sisi pandang seorang advokat, mengerti bagaimana cara memperjuangkan keadilan melalui kasus-kasus yang kita dapatkan dari para advokat di kantor, belajar banyak materi-materi hukum yang kita tidak dapatkan di kampus namun kita dapatkan langsung saaat magang.

Selama magang berlangsung, kami sering mendampingi para advokat untuk melihat langsung bagaimana cara mereka menjadi kuasa maupun penasihat hukum yang baik dan benar pada saat bersidang di pengadilan. Dan menjadi tahu apa makna "Profesional" dalam menjalankan profesi sebagai advokat. 

Kami juga diajari untuk membuat surat kuasa dan diberikan beberapa kasus untuk dibedah dan dipelajari. Beberapa dari advokat juga memberikan materi-materi hukum seperti hukum perburuhan, hukum surat berharga, hukum perusahaan. Kami sangat beruntung bisa magang di DPD Ferari Jatim dan mendapatkan ilmu secara langsung dari para advokat.

Di akhir program Magang MBKM ini kami diharuskan untuk membuat laporan magang yang nantinya akan dipresentasikan secara langsung didepan dosen pembimbing dan dosen-dosen penguji lainnya. Laporan magang yang akan kami bahas tentunya seputar hal-hal apa saja yang sudah kami dapatkan dan kami laksanakan selama berlangsungnya Magang MBKM di DPD Ferari Jatim tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline