Lihat ke Halaman Asli

Emma Holiza

Perempuan asli Indonesia yang menulis tentang kekuatan dan keindahan perempuan lainnya

Batal karena Gagap Digital

Diperbarui: 27 Oktober 2019   00:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Lima tahunan  lalu saya terheran - heran beli  CD nya The Changcuters yang dengan teknologi Augmented Reality bisa kelihatan  gambar 3D para  personel yang cungkring  itu bisa  pada joged - joged di atas cover CD nya. Waaah gak kepikiran cara bikinnya.

Beberapa waktu kemudian, ada klien EO saya  mau launching produk kosmetiknya yang asal Amerika; minta dibuatkan sesuatu dengan AR ini. Kelimpungan cari dimana ahlinya, akhirnnya saya malah bawa Vendor yang kurang tepat. Ujung ceritanya agak mengharukan, saya batal dapet job itu, sedih kalau ingat.

Saat ini Augmented Reality semakin banyak digunakan, ada jaringan mini market yang pakai; pernah juga cat dengan merk terkenal pake AR ini. Bahkan sekarang pengguna Instagram bisa mematut - matut diri cocok atau gak barang yang akan dibeli, dengan bantuan AR.

Perangkat yang dipakai juga makin canggih dan simple, dulu biasanya pakai camera dari smart phone, sekarang cuma dengan menempelkan sesuatu di kaca mata kita sudah bisa menikmati Augmented Realty. Itu cerita dari seorang kawan Hariadhi yang berkesempatan diundang untuk mencoba perangkat tersebut.

Jadi kalau gak mau ketinggalan kereta dan kenangan pahit hilang klien terulang kembali, saya harus cari tahu lebih banyak soal ini. Ada satu ganjalannya menurut saya, tentang terjemah AR dalam bahasa Indonesia. "Kenyataan Berimbuh" arti  yang dibilang  Wikipedia, kurang enak terdengarnya yaa..

Kira - kira apa padanan kata yang cocok menurut anda untuk menerjemahkannya dalam Bahasa Indonesia. Ayo ikutan mikir, dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda nih! 

SATU BAHASA KITA, BAHASA INDONESIA...!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline