Assalamualaikum. wr. wb
Salam dan Bahagia Bapak ibu guru hebat indonesia.
Perkenalkan saya Emma Megawati, S.Pd salah satu calon guru penggerak angkatan 6 dari SMA IT Qardhan Hasana Banjarbaru Kalimantan selatan.
ijinkan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi parktik baik berupa refleksi diri dalam membuat koneksi antar materi yang telah saya dapatkan setelah mempelajari Modul 1 yang terdiri atas 1.1. Filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dan Modul 1.2. Nilai dan peran Guru Penggerak.
Setelah saya menjalani pembelajaran Modul 1.1 dan 1.2 ini, banyak hal yang dapat saya jadikan pembelajaran/pengalaman yang sangat luar bisa di dalam hidup saya khususnya dalam dunia pendidikan.
Bagi saya momen saat pertama belajar pada Modul 1.1 maupun Modul 1.2. yaitu Mulai dari diri dan Eksplorasi Konsep sampai pada Aksi nyata merupakan momen penting dan menantang bagi saya.
Dimana setiap alur pembelajaran memberikan aroma momen yang berbeda. Yang pertama Saat Mulai dari Diri dan Mengeksplorasi konsep merupakan momen terpenting karena saya diberikan kesempatan untuk membangun pengetahuan sendiri dengan mempelajari materi yang sudah disiapkan , rasa ingin tahu , rasa ingin menggali lebih jauh timbul dengan sendirinya .
Yang kedua saat berasa di ruang kolaborasi dan Elaborasi Pemahaman/Koneksi antar materi, saya bertemu dengan rekan sejawat dari luar sekolah, fasilitator maupun instruktur yang sebelumnya tidak pernah bertemu dan kenal , menjadikan momen yang mencerahkan saya , membuka mata hati saya bahwa menjadi guru harus benar -- benar siap lahir batin. Dan yang ketiga adalah momen dimana saya merasa tertantang yaitu saat mengaplikasinya di lingkungan kelas maupun di sekolah dalam bentuk Aksi Nyata.
Setelah mengikuti setiap alur kegiatan yaitu M E R D E K A, Banyak hal yang saya rasakan, sedih, senang, suka dan duka bercampur aduk dalam menapaki perjalanan ini. yang paling membekas adalah apa yang sudah saya bawa / siapkan saat mengambil amanah menjadi seorang guru atau pendidik, itu merupakan tamparan besar bagi saya saat mulai mempelajari 2 materi saja di modul 1.1. dan 1.2. apalagi jika nanti ditambah dengan materi yang lain.
Sebelumnya saya beranggapan bahwa mengajar ya mengajar, memberikan materi dan karena tuntutan terkadang terpaksa menghabiskan semua bab dan sekarang pemikian itu mulai bergesar bukan pada habis tidaknya materi disampaikan akan tetapi pada apa makna pembelajaran yang murid dapatkan saat mengikuti pembelajaran dalam artian memberikan pembelajaran yang bermakna , sehingga kemerdekaan murid dalam belajar bisa terwujudkan, kodrat alam dan kodrat zamannya sudah terpenuhi sehingga murid merasakan kebahagian dan keselamatan dalam belajar.
Dilihat dari pengalaman mempelajari Modul 1.1. dan 1.2 dapat disimpulkan bahwa modul 1.1. dan modul 1.2. memiliki keterkaitan yang sangat kuat, dimana keduanya saling menguatkan dan mendukung akan peran masing-masing. Saat menjadi pendidik harus memahami konsep pendidik dan pengajaran dengan sebenar-benarnya.