Lihat ke Halaman Asli

Emma Megawati

Guru Biologi SMA IT Qardhan Hasana Banjarbaru

Koneksi Antarmateri Modul 1.1 dan 1.2(Filosofi Pendidikan dan Nilai Serta Peran Guru Pengegrak)

Diperbarui: 19 Desember 2022   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum. wr. wb 

Salam dan Bahagia Bapak ibu guru hebat indonesia.

Perkenalkan saya Emma Megawati, S.Pd salah satu calon guru penggerak angkatan 6 dari SMA IT Qardhan Hasana Banjarbaru Kalimantan selatan. 

ijinkan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi parktik baik berupa refleksi diri dalam membuat koneksi antar materi yang telah saya dapatkan setelah mempelajari Modul 1 yang terdiri atas 1.1. Filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dan Modul 1.2. Nilai dan peran Guru Penggerak.

Setelah saya menjalani pembelajaran  Modul 1.1 dan 1.2 ini, banyak hal yang dapat saya jadikan pembelajaran/pengalaman yang sangat luar bisa di dalam hidup saya khususnya dalam dunia pendidikan.

Bagi saya momen saat pertama belajar pada Modul 1.1 maupun Modul 1.2. yaitu Mulai dari  diri dan Eksplorasi Konsep sampai pada Aksi nyata merupakan momen penting dan menantang bagi saya.  

Dimana setiap alur pembelajaran memberikan aroma momen yang berbeda.  Yang pertama Saat  Mulai dari Diri dan Mengeksplorasi  konsep merupakan momen terpenting karena saya diberikan kesempatan untuk membangun pengetahuan sendiri  dengan mempelajari materi yang sudah disiapkan , rasa ingin tahu , rasa ingin menggali lebih jauh timbul dengan sendirinya .  

Yang kedua saat  berasa di ruang kolaborasi dan  Elaborasi Pemahaman/Koneksi antar materi, saya    bertemu dengan rekan sejawat dari luar sekolah, fasilitator maupun instruktur  yang sebelumnya tidak pernah bertemu dan kenal , menjadikan momen yang mencerahkan  saya , membuka mata hati saya bahwa menjadi guru harus benar -- benar siap lahir batin. Dan yang ketiga adalah momen dimana saya merasa tertantang   yaitu saat mengaplikasinya di lingkungan kelas maupun di sekolah dalam bentuk Aksi Nyata.

Setelah mengikuti setiap alur kegiatan yaitu M E R D E K A, Banyak hal yang saya rasakan,  sedih,  senang,  suka dan duka  bercampur aduk dalam menapaki perjalanan ini.  yang paling membekas adalah apa yang sudah saya bawa  / siapkan saat mengambil amanah menjadi  seorang guru atau pendidik, itu merupakan tamparan besar bagi saya saat mulai mempelajari 2 materi saja di modul 1.1. dan 1.2. apalagi jika nanti ditambah dengan materi yang lain.

Sebelumnya saya beranggapan bahwa mengajar ya mengajar,  memberikan materi dan karena tuntutan terkadang terpaksa menghabiskan semua bab dan sekarang pemikian itu mulai bergesar bukan pada habis tidaknya materi disampaikan akan tetapi pada apa makna pembelajaran yang murid dapatkan saat mengikuti pembelajaran dalam artian memberikan pembelajaran yang bermakna , sehingga kemerdekaan murid dalam belajar bisa terwujudkan, kodrat alam dan kodrat zamannya  sudah terpenuhi sehingga murid merasakan kebahagian dan keselamatan dalam belajar.

Dilihat dari pengalaman mempelajari Modul 1.1. dan 1.2 dapat disimpulkan bahwa modul 1.1. dan modul 1.2. memiliki keterkaitan yang sangat kuat, dimana keduanya saling menguatkan dan mendukung akan peran masing-masing.  Saat  menjadi pendidik harus memahami konsep pendidik dan pengajaran dengan sebenar-benarnya.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline