Lihat ke Halaman Asli

Emi Tri Sayidah

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa KKN UNNES GIAT 9 Ajarkan Keterampilan Bouquet Hadiah kepada Ibu-Ibu Kader PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sukodadi, Magelang

Diperbarui: 7 Agustus 2024   18:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pelatihan Pembuatan Bouquet Hadiah

Mahasiswa KKN UNNES GIAT 9 di Desa Sukodadi yang dibimbing oleh Bapak Harjito, S.Pd., M.Sc selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang memiliki anggota terdiri dari 11 orang diantaranya; Rayi Aditya Rivanda (Kormades), Sekar Sari, Emi Tri Sayidah, Indira Rachmayani, Nanda Yulia Maharani, Rizky Kurnia Mahardhika, Abdillah Nur Rachmat Islami, Salsabilla Mega Pratiwi, Paundra Putra Andhika, Vika Puspita Setianingrum dan Helar Wilda Adella, Kecamatan Bandongan mengadakan kegiatan pelatihan keterampilan pembuatan bouquet hadiah pada Selasa (30/7/2024) bagi kelompok kader ibu-ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Balai Desa Sukodadi. Kegiatan pelatihan pembuatan bouquet tersebut merupakan wujud pelaksanaan salah satu program kerja kelompok dengan bertemakan "Wanita Agen Pancasila".

Sekar Sari, mahasiswi dari program studi Pendidikan Tata Busana sekaligus penanggung jawab kegiatan pelatihan menyampaikan tujuan dan manfaat dari kegiatan tersebut. "Pelatihan ini dapat membantu meningkatkan keterampilan dalam membuat bouquet hadiah yang menarik dan bermanfaat sebagai inspirasi hadiah untuk hari-hari spesial seperti hari ulang tahun, hari ibu, dan sebagainya. Di samping itu, melalui pelatihan ini, Ibu-Ibu kader PKK dan KWT dapat memanfaatkan waktu luang mereka untuk kegiatan yang produktif."

Sebanyak 26 (dua puluh enam) orang dari kader PKK dan KWT yang mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan bouquet ini. Pelatihan pembuatan bouquet ini diawali dengan penyampaian materi teori yang meliputi persiapan alat dan bahan seperti kertas bouquet, pita hias, jenis isian bouquet, tusuk lidi, lem/isolatif, gunting dan cutter. Dalam materi tersebut juga disampaikan mengenai cara menentukan desain dan konsep dalam pembuatan bouquet diantaranya; penentuan tema, teknik menyusun isian bouquet, dan dekorasi atau hiasan yang dapat digunakan untuk memperindah bouquet.

Tidak hanya materi teori, tim KKN UNNES GIAT 9 juga memberikan pelatihan dengan praktik langsung yang dipandu oleh Nanda Yulia Maharani, mahasiswi dari program studi Hukum. Praktik dilakukan secara detail pada setiap langkahnya dan diikuti oleh ibu-ibu kader PKK dan KWT yang sebelumnya telah dibagi menjadi beberapa kelompok kerja. Sejumlah peralatan dan perlengkapan kegiatan telah dipersiapkan dalam bentuk paket yang terdiri dari kertas bouquet, bunga artifisial, makanan ringan/bumbu dapur sebagai isian bouquet, gunting, isolatif, pita satin, dan tusuk lidi. Pembuatan bouquet hadiah ini difokuskan dengan desain yang sederhana namun tetap terlihat elegan. Perlu diketahui, bouquet hadiah ini merupakan rangkaian beberapa jenis makanan yang disusun secara indah. Bouquet ini seringkali digunakan sebagai hadiah pada hari-hari spesial seperti hadiah hari ulang tahun, wisuda, hari ibu, dan sebagainya.

Kegiatan pelatihan ini disambut dengan antusiasme yang besar oleh peserta. Ibu Sarofatul Muawanah dari kelompok PKK Bougenville Dusun Kalinongko, mengungkapkan  "Pelatihan ini sangat menyenangkan tetapi juga agak susah-susah gampang, terutama waktu proses melipat kertas bouquetnya. Selain itu, kami juga mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru terutama bagi ibu-ibu rumah tangga, juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau untuk bantu-bantu suami. Saya juga tertarik untuk membuka usaha pembuatan bouquet hadiah seperti ini", jelasnya.

"Pelatihan bouquet hadiah ini sangat bermanfaat juga menginspirasi saya dan teman-teman untuk kedepannya dapat membuat bouquet sendiri, tidak perlu beli. Selain itu juga menambah penghasilan jika ada yang memesan bouquet ke kita. Saya juga berterima kasih kepada KKN UNNES yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan ilmu ini. Penyampaian materi dan praktik pembuatannya bagi saya sangat berkesan karena kita dibimbing dari tidak tahu menjadi tahu. Insyaallah saya ingin mengajarkan keterampilan bouquet ini ke santri-santri di pondok pesantren saya", ungkap Ibu Anif'ah Muqodas dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Abadi, Dusun Kaliduren.

Penyerahan Bouquet kepada Ketua TP PKK Desa Sukodadi/dok. pri

Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis bouquet yang telah dibuat kepada ketua TP PKK Desa Sukodadi. Pelatihan pembuatan bouquet hadiah yang diadakan oleh tim KKN UNNES bersama kelompok PKK dan KWT telah sukses menyemarakkan semangat kreativitas dan kebersamaan di antara para peserta. Melalui kegiatan ini, mereka tidak hanya belajar teknik merangkai bunga dan snack yang indah, tetapi juga memperkuat solidaritas komunitas dan membuka peluang ekonomi baru. Tim KKN UNNES GIAT 9 sangat berharap pelatihan ini menjadi langkah awal bagi peserta untuk terus mengembangkan keterampilan dan berinovasi, sehingga mampu memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan masyarakat sekitar. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini. Mari terus berkarya dan berdaya bersama!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline