Lihat ke Halaman Asli

Emilia Salma

Mahasiswa

Bahasa Indonesa Sebagai Alat Komunikasi

Diperbarui: 10 Januari 2023   10:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Emilia Salma

Mahasiswa Prodi Matematika Angkatan 22

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Unissula.


Dosen Pengampu:
Dr. Aida Azizah, S.Pd., M.Pd

          Bahasa merupakan alat komunikasi sosial yang berupa sistem simbol bunyi yang dihasilkan dari ucapan manusia. Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan sarana untuk berinteraksi dengan manusia lainnya. Untuk kepentingan interaksi sosial itu, maka dibutuhkan suatu wahana komunikasi yang disebut bahasa, contohnya bahasa Indonesia yang digunakan masyarakat Indonesia sebagai alat berkomunikasi.
          Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi Indonesia yang berasal dan berkembang dari bahasa Melayu. Bahasa melayu itu sendiri sudah dikenal dan digunakan sejak abad ke-7 sebagai bahasa perhubungan dan perdagangan di wilayah Asia Tenggara. Beberapa kosakata dari Bahasa Indonesia merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa-bahasa Eropa ketika bangsa Eropa melakukan perdagangan di wilayah Asia Tenggara.
          Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional negara Indonesia, sejak diikrarkannya Sumpah Pemuda dalam Kongres Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Seperti yang disebutkan pada Sumpah Pemuda ayat ke-3 “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.” Selain itu, bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dituangkan dalam pasal 36 UUD 1945. Bahasa Indonesia menjadi bahasa komunikasi resmi yang diajarkan di sekolah dan digunakan untuk komunikasi media elektronik dan digital. Salah satu alasan mengapa bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa komunikasi resmi masyarakat Indonesia, karena negara Indonesia memiliki beragam suku bangsa yang dapat mempengaruhi bahasa keseharian mereka. Oleh karena itu, untuk mempermudah komunikasi antar suku diperlukan bahasa resmi yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.
          Selain mempermudah komunikasi antar suku, berikut fungsi Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi :
1.Sarana untuk menyampaikan informasi kepada orang lain mengenai apa yang kita sampaikan, sehingga dapat mudah dimengerti maksud dan tujuan yang kita inginkan.

Terkadang penggunaan bahasa yang salah dapat mempengaruhi informasi yang ingin kita sampaikan. Bahkan terkadang cara komunikasi kita juga dapat berpengaruh pada maksud dan tujuan dari informasi tersebut. Oleh sebab itu, kita perlu berhati-hati dalam berbahasa dan berkomunikasi agar tidak menimbulkan kesalahpahaman maksud dan tujuan. Dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dapat mempermudah penyampaian informasi yang kita inginkan, karena bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara Indonesia yang sering digunakan dan dipelajari sehingga mengurangi resiko kesalahan penyampaian informasi.

2.Alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang social budaya dan bahasanya.

Indonesia memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari perbedaan suku, sosial budaya, dan bahasa, sehingga untuk menanggulangi perbedaan tersebut dibutuhkan alat komunikasi yang dapat mempersatukan perbedaan-perbedaan latar belakang yang dimiliki masyarakat Indonesia yaitu bahasa Indonesia.

3.Alat perhubungan antar budaya dan daerah.

Selain memiliki latar belakang yang berbeda-beda, Indonesia juga memiliki banyak daerah yang setiap daerahnya memiliki cara komunikasi yang beragam. Sehingga dengan adanya bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dapat menjadi alat perhubungan daerah-daerah tersebut.

4.Menciptakan sikap cinta tanah air.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline