Lihat ke Halaman Asli

Revitalisasi Taman Literasi Blok M

Diperbarui: 5 Januari 2024   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Muhammad Herdi Fabryansyah

Jakarta -- Revitalisasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu atau yang lebih dikenal dengan Taman Literasi Blok M telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kawasan Blok M, Jakarta Selatan pada bulan September 2022  lalu. Revitalisasi Taman Literasi Blok M ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam upaya mewujudkan Jakarta sebagai Kota Literasi.


Revitalisasi Taman Literasi Blok M telah dicanangkan sejak Oktober 2021. Taman Literasi Blok M merupakan salah satu bagian utama dalam pengembangan Kawasan Pembangunan Berorientasi Transit Blok M dan Sisingamaraja. 

Revitalisasi Taman Literasi Blok M dibangun di atas lahan seluas 9.710 meter persegi dengan beberapa fasilitas seperti amphitheatre, taman plaza, pavilion literasi, selasar pandang, galeri, taman bermain, forest walk, hingga kolam teratai. Selain itu, taman literasi ini juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti perpustakaan, ruang baca dan ruang diskusi, musala, toko buku, kedai kopi dan toilet umum.

Fanny Chintya, salah seorang pengunjung Taman Literasi Blok M mengatakan bahwa fasilitas yang disediakan oleh taman ini sangat lengkap. Taman Literasi Blok M menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat mendukung minat anak muda maupun masyarakat untuk menambah wawasan pengetahuan melalui literasi dengan ruang yang disediakan. 

Fanny menyebutkan bahwa perpustakaan di Taman Literasi Blok M memiliki koleksi buku yang cukup lengkap dan beragam sehingga dapat memfasilitasi minat pembaca anak muda maupun masyarakat.


"Taman Literasi ini memiliki suasana yang sangat nyaman dan juga bersih. Taman ini sangat cocok untuk teman-teman yang memiliki minat membaca yang tinggi dan ingin memiliki ruang untuk menuangkan daya kreatifitas serta berdiskusi. Taman ini juga cocok kok untuk sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, ataupun pasangan." ujar Fanny saat ditemui di taman bermain anak.


Fanny menambahkan bahwa Taman Literasi Blok M ini sangat direkomendasikan untuk menjadi destinasi tempat wisata saat liburan ataupun ketika hari libur. Hal tersebut dikarenakan taman literasi ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat membaca, namun juga memiliki beberapa tempat foto yang estetik yang pastinya digemari oleh anak muda maupun masyarakat lainnya.

Ravi, seorang penjaga perpustakaan Taman Literasi Blok M menjelaskan bahwa sesuai namanya Taman Literasi Blok M memiliki Community Room yaitu terdapat perpustakaan di dalamnya. Perpustakaan tersebut dibuat agar masyarakat juga dapat ikut berkolaborasi seperti mendonasikan buku atau membuat sebuah acara. Sejumlah 3000 buku yang terdapat di perpustakaan Taman Literasi Blok M ini merupakan hasil donasi masyarakat dan kolaborasi dengan beberapa pihak.


"Taman Literasi juga memiliki yang namanya plaza kabaresi, plaza kabaresi ini merupakan tempat yang biasa digunakan untuk sekedar nongkrong atau terkadang juga ada panggung musik hiburan yang menampilkan beberapa artis tanah air. Selain plaza kabaresi, Taman Literasi Blok M memiliki taman bermain anak yang berada di area belakang taman literasi. Hal tersebut memang  bertujuan untuk menciptakan ruang yang ramah untuk publik. Selain itu, terdapat tenant-tenant makanan dan minuman yang disediakan agar pengunjung tidak perlu bingung untuk mencari tempat makan atau minum" ujar Ravi.


"Taman Literasi Blok M ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Selain menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum seperti MRT, dan juga Transjakarta. Untuk MRT pengunjung bisa turun di stasiun MRT Blok M BCA dan berjalan kaki kurang lebih 5 menit. Dan untuk pengunjung yang menggunakan Transjakarta dapat turun di halte CSW Kejaksaan Agung atau dapat turun di halte Blok M." tambah Ravi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline