Lihat ke Halaman Asli

Mahendra

Sejarah mengadili hukum dan ekonomi, sebab sejarah adalah takdir, di satu sisi. *blog: https://mahendros.wordpress.com/ *Twitter: @mahenunja *FB: Mahendra Ibn Muhammad Adam

Tips Agar Anak Anda Salat Tanpa Disuruh

Diperbarui: 15 Oktober 2016   08:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sudah genap 5 bulan saya tidak menulis. Hari ini saya ingin bercerita. Hehe ‘dengarkan’ ya!

Keinginan orang tua sangat partisipatif terhadap materi seputar parenting dalam kelas yang saya pimpin, lebih tepatnya grup whatssapp yang berisi orangtua siswa dan saya sebagai wali kelas 5 C (Al Qolam) SD IT Permata Hati. Kelas tersebut berjumlah 22 orang siswa.

Memang awalnya grup tersebut untuk silaturahim dan komunikasi seperti pemberitahuan pengumuman kepada orang tua terkait libur, kegiatan khusus, dan jam pulang siswa. Kemudian berkembang menjadi forum kajian parenting. Jumat lalu kami mengundang seorang trainer populer bernama Satria Hadi Lubis. Beliau memberikan kajian sangat bermanfaat” di grup whatsapp “Silaturahim al Qolam 5 C”. dengan tema “Menyadarkan anak akan tanggung jawabnya terhadap Islam”. Yang menggerakkan saya untuk memulai kajian ini adalah suatu pendapat yang sering saya dengar bahwa kematangan perkembangan anak dipengaruhi oleh orang tua sebesar 80%.

Masalah rumah tangga Rasulullah SAW sebenarnya beragam. Ada masalah nafkah, di mana para istri Rasulullah SAW meminta kenaikan nafkah sehingga membuat Rasulullah bersedih karena hal tersebut di luar kemampuan beliau. Ada juga masalah kecemburuan, karena kita tahu istri beliau lebih dari satu yang masing-masing meminta perhatian dari beliau. Ada masalah tuduhan selingkuh yang dialamatkan kepada asiyah ra. Yang menuduh selingkuh bukan Rasulullah SAW, namun sebagian peduduuk Madiah waktu itu. Pendek kata, secara umum sebenarnya rumah tangga Rasulullah SAW juga rumah tangga yang mempunyai berbagai masalah. Namun Rasulullah SAW berhasil mengatasi masalah tersebut sehingga dengan bangga beliau mengatakan baiti jannati (rumahku adalah surgaku),” tulis beliau melalui wahtsapp pada Jum’at 30 September 2016.

Beliau melanjutkan, “Cara Rasulullah SAW menyelesaikan masalah rumah tangga beliau adalah dengan prinsip SAKINAH yaitu: (1) S-Sibuknya menyelesaikan masalah besar (yakni Tauhid), bukan sebaliknya.; (2) A-Awalnya sangka baik dan kepercayaan; (3) K-Keutamaannya disiplin tanpa disuruh; (4) I-Interaksinya kelembutan dan menyenangkan; (4) N-Nilai-nilainya memberdayakan, bukan menjatuhkan;(5)A-Ambisinya masuk Surga bersama-sama; (6) H-Hatinya penuh cinta, walau ada kekurangan”.

Kajian parenting dan anak dari Trainer Satria Hadi Lubis ini sebenarnya sangat panjang. Di bagian akhir kajian, beliau menuliskan: “Anak sampai kapanpun tetap menjadi ujian bagi orang tuanya. Ketika anak menjadi nakal, maka orang tua harus menjalani ujian kesabaran. Sebaliknya ketika anak sholih maka orang tua harus menjalani ujian syukur.”

Terdapat suatu pertanyaan setelah kajian tersebut yang saya nilai menjadi ide pokok kajian, yaitu pertanyaan dari seorang wali murid bagaimana caranya agar anak sholat tanpa harus disuruh dahulu. Trainer Satria Hadi Lubis menceritakan bahwa cara anak agar sholat tannpa disuruh sbenarnya tidak ada. Sebab anak belum tumbuh kesadaran untuk sholat. Jadi menyuruh anak untuk sholat adalah hal yang wajar. Namun agar anak sigap untuk sholat maka hal tersebut harus menjadi kebiasaannya dahulu. Nanti ia akan merasa bersalah sendiri kalau tidak sholat atau menunda sholat. Juga dengan terus menerus melihat ayah ibunya sholat tepat waktu. Selain itu terus berikan pemahan tentang keutamaan sholat, sehingga anak paham pentingnya sholat. Pemahaman akan membuat seseorang menjadi mau melakukan sesuatu tanpa disuruh.

Demikian ceritaku minggu lalu, cerita kamu gimana?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline