Lihat ke Halaman Asli

Mahendra

Sejarah mengadili hukum dan ekonomi, sebab sejarah adalah takdir, di satu sisi. *blog: https://mahendros.wordpress.com/ *Twitter: @mahenunja *FB: Mahendra Ibn Muhammad Adam

Uang: MK vs KPU (Bag. 5)

Diperbarui: 18 Juni 2015   03:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1408322429543962264

Greenbacks (source: iamthewitness.com)

Rupanya bankir tak kenal nyerah seperti petugasi pemadam kebakaran bersemboyan pantang pulang sebelum padam. Bankir seperti “terbakar” jiwanya hingga selama 75 tahun. Tapi mereka bangkit pantang pulang sebelum padam. Hua….

Di Amerika secara langsung diturunkan skuad terbaik keturunan Rothschild namanya Jacob Schiff. Padamnya “kebakaran” itu ditandai dengan kembali didirikannya Bank Sentral di AS.

Jacob (James) Rothschild punya uang kira-kira 600 juta franc saat itu abad ke-19. Kekayaannya lebih banyak 150 juta Franc dari seluruh bankir di Perancis dijadikan satu.

Perang Sipil Amerika mencuat ke permukaan. Apa sesungguhnya penyebab perang tersebut? Apakah karena perbudakan? Apakah karena sengketa tarif perdagangan yang tidak adil antara Negara bagian utara dan Negara bagian selatan?

Lincoln adalah Presiden AS, ia mencetak mata uang baru di AS, mata uangnya dinamakan Greenbacks. Uang ini tidak mengenal bunga.

Lho ternyata di AS tercatat dalam sejarah bahwa sistem keuangannya gak pake bunga. Ternyata bisa kalo ada kemauan dan kedudukan politis. Hua… keren…

Seandainya masih berhayat Lincoln tentu menasehati Prabowo dan Jokowi, berikut penuturannya: “Pemerintah lah yang seharusnya mencetak dan mengedarkan uang sesuai dengan kemampuan belanja dari pemerintah dan daya beli masyarakat. Dengan mengadopsi prinsip ini, rakyat bisa dibebaskan dari bunga pajak yang sangat memberatkan. Uang akan menjadi pelayan manusia, bukan majikannya.” Huaa… keren…

Kenapa majalah terkenal seperti The Times menyerang Lincoln? Kenapa Presiden Lincoln terbunuh? Kenapa Tsar Alexander II Rusia mensupport kebijakan Lincoln? Peristiwa apa saja yang terjadi hingga tahun 1878? Yuk simak di mahendros.wordpress.com!

Bersambung…




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline