Lihat ke Halaman Asli

Teknologi: Mendekatkan atau Menjauhkan?

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada hari minggu yang cerah saya memutuskan untuk pergi ke tempat rekreasi di dekat rumah. Suasana di tempat rekreasi itu sangat ramai, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa ada disana. Selama berjalan-jalan saya banyak menemui orang-orang, terkadang saya menemui orang yang sedang makan, berfoto, menawar barang belanjaan, dan lain-lain. Dan yang selalu saya temui adalah masyarakat yang sibuk dengan gadget mereka hingga melupakan sejenak lingkungan sekitar mereka.

Setelah berjalan selama 30 menit saya merasa lelah sehingga saya berinisiatif untuk pergi ke café terdekat. Café itu berukuran kecil, hanya ada 3 meja kecil di dalamnya. Di dalam kedai itu terdapat beberapa pelanggan, salah satunya adalah pasangan Ibu dan anak. Mereka terlihat seperti pasangan ibu dan anak pada umumnya. Namun setelah mereka duduk mereka terlihat seperti asing, tidak merasakan kehadiran yang lain. Sang anak terlihat sibuk mengutak atik tabletnya, sedangkan sang ibu sibuk menelepon. Aktivitas tersebut terus berlangsung hingga makanan mereka habis, mereka tetap diam dan sibuk dengan gadget mereka.

Setelah mereka pergi saya membatin dalam hati, bukankah tujuan pergi pada hari minggu adalah untuk meluangkan waktu dengan keluarga dan bukan malah sebaliknya. Dahulu hal itu memang bisa terjadi namun sekarang hal itu sulit. Dari kejadian yang saya lihat tadi kemajuan teknologi menjadi penyebab masalah ini. Anak jaman sekarang lebih sering berkutat dengan gadget mereka daripada bermain di luar bersama teman sebaya seperti dulu. Sekarang pun untuk mengusir bosan kita lebih memilih untuk bermain gadget dibandingkan membaca buku atau hal lain. Teknologi memang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, mulai dari memperoleh informasi lebih cepat, mengurangi beban pekerjaan, memudahkan untuk berkomunikasi, dll. Saya tak mengelak bahwa saya juga menikmati adanya kemajuan teknologi ini namun disisi lain saya juga berpikir bahwa teknologi memberikan dampak yang tidak baik. Kemajuan teknologi membuat kita menjadi tidak peduli pada lingkungan kita. Bermain gadget tidak apa asalkan kita tidak lupa waktu dan juga orang-orang di sekitar kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline