Lihat ke Halaman Asli

Gempa Bumi 8.3 SR di Mentawai dan Sumbar Berpotensi Tsunami

Diperbarui: 2 Maret 2016   21:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sekitar jam 17.48 Rabu malam, 2 Maret 2018  BMKG melaporkan terjadi gempa bersekala 8,4 SR yang terjadi sekitar 692 km barat daya kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Gempa terjadi pada lokasi 5.16 derajat lintang selatan, dan  93.05 bujur timur, dengan kedalaman pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

BMKG memperingatkan kepada masyarakat agar waspada, karena gempa tersebut memiliki potensi tsunami, menurut cuitan BMKG dalam twiternya.

BMKG telah memperluas peringatan tsunami terkait gempa tersebut, yang memperkirakan tsunami akan menjangkau Sumatera Barat, Sumatera Utara, Nagroe Aceh Darusalam, Bengkulu hingga Lampung.

Semoga peringatan tersebut dapat segera secepatnya menjangkau masyarakat disekitar daerah daerah tersebut bersiaga, dan semoga tak terjadi bencana terhadap masyarakat di wilayah bencana tersebut.

Berita ini telah pula disiarkan oleh Aljazeera jam 21.15, yang menyebutkan belum ada berita mengenai akibat gempa di daerah Mentawai.

USGS Amerika telah pula melaporkan mengenai gempa Mentawai di atas, belum dilaporkan mtentang kerusakan dan bencana yg terjadi di daerah berdekatan dengan gempa tadi. Namun gempa dangkal diperkirakan memiliki risiko bakal terjadinya bencana dan kerusakan.

Badan tersebut awalnya memperkirakan besaran gempa pada 8.2 SR, lalu 8.1 kemudian diturunkan memiliki tingkat besaran gempa sekitar 7.9 Skala Richter.

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline