Lihat ke Halaman Asli

World Writers #565: Katherine Anne Porter

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Katherine Anne Porter(1890-1980) Esais, cerpenis dan jurnalis perempuan Amerika. Dia hanya menulis satu buah novel, The Ship of Fools (1962) yang ditulisnya selama dua puluh tahun. Satu-satunya novel ini membuat dirinya terkenal dan kaya. Nama judul itu diambil dari kisah satire Jerman lama, Das Narrenschiff (1494) karya Sebastian Brant. Porter juga terkenal sebagai salah satu cerpenis terbaik di Amerika.

Katherine Anne Porter, yang masih keturunan pionir dan penjelajah legendaris Daniel Boone, dilahirkan pada 15 Mei 1890 di Indian Creek, Texas. Dia dibesarkan di Texas dan Louisiana. Ibunya meninggal saat Katherine berusia dua tahun dan kemudian dia dirawat oleh neneknya. Pada usia enam belas tahun Porter minggat dan kemudian menikah. Beberapa tahun kemudian dia meninggalkan suaminya untuk menjadi aktris. Tetapi ia terkena TBC dan selama menjalani masa penyembuhan dia berketetapan menjadi penulis. Kemudian Porter mencari nafkah menjadi jurnalis di Chicago, Illinois dan Denver. Di Meksiko dia menjadi wartawan dan guru, dan antara 1918 dan 1921 dia terlibat dalam politik revolusioner di sana.Akan tetapi perasaannya terhadap Meksiko ambivalen, dan dalam karya-karyanya seperti ‘Xochimilco,’ Porter melihat Meksiko sebagai sorga di bumi di mana dia berharap masyarakat yang baik akan terwujud di sana. Dalam cerpen lainnya seperti ‘The Fiesta of Guadalupe,’ dia menggambarkan Meksiko sebagai tempat penindasan rakyat pribumi. Pada 1922 Porter mempublikasikan studi Outline of Mexican Popular Arts and Crafts. Pada 1920-an dia berkeliling Eropa dan mentap di Perancis pada awal 1930-an. Pada periode ini dia berkawan dengan penulis Ford Madox Ford. Porter juga menulis untuk beberapa jurnal seperti The New Republic dan The Nation.

Cerpen pertamanya adalah ‘Maria Concepción’ yang di muat dalam majalah Century pada Desember 1922. Cerpen berikutnya, ‘Dia,’ muncul di New Masses pada 1927. Setelah itu cerpen-cerpennya banyak muncul di beberapa majalah lain seperti Transition dan Hound and Horn. Koleksi cerpen pertamanya adalah Flowering Judas (1930) yang hanya dicetak 600 eskemplar. Pale Horse, Pale Rider, karya Porter yang berisi tiga novel pendek mendapatan sambutan  kritis. Pada 1944 dia menerbitkan koleksi cerpen lainnya, The Learning Tower. Pada 1950-an dia menerbitkan dua koleksi esai, The Days Before (1952) dan A Defense Circe (1954). Pada 1966 dia mendapat Pulitzer Prize  dan national Book Award untuk karyanya yang berjudul Collected Stories (1965). Novel Ship of Fools muncul saat Porter  telah berusia 72 tahun. Novel ini diangkat ke layar lebar pada 1966 dan memenangkan piala Oscar untuk sinematografi.

Karya-karya Porter lainnya diantaranya Hacienda (1934); Noon Wine (1937); The Old Order (1944); A Christmas Story (1967); Collected Essays and Occasional Writings (1970); The Never Ending Wrong (1977) dan Katherine Anne orter’s Poertry (1996). Porter meninggal dunia di Silver Spring, Maryland pada 18 September 1980.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline