Lihat ke Halaman Asli

Emanden Stefy A

Mahasiswi Universitas Gadjah Mada

Antusias, Warga Desa Trenten Sambut Pengenalan Program dan Koordinasi Desa Dengan Masyarakat Sasaran Oleh Tim PPK Ormawa BEM KM FMIPA UGM

Diperbarui: 17 Juli 2024   00:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Tim PPK Ormawa BEM KM FMIPA UGM

Pada hari Sabtu (15/6), tim PPK Ormawa BEM KM FMIPA UGM menggelar Pengenalan Program dan Koordinasi Perangkat Desa Dengan Masyarakat Sasaran. Acara ini merupakan sebuah langkah awal dari rangkaian program PPK Ormawa dengan judul "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Limbah Kelapa Menjadi Briket, Cocopeat, dan Cocofiber untuk Mendukung Zero Waste dan Perekonomian Masyarakat Desa Trenten", yang disingkat dengan program BRICOFI. 

Acara ini dihadiri oleh perangkat desa, ketua dan anggota GAPOKTAN, mitra, serta anggota Tim PPK Ormawa BEM KM FMIPA UGM. Diadakan di salah satu homestay milik warga, acara dimulai pada pukul 10.00. Seluruh peserta yang hadir diwajibkan untuk mengisi presensi serta mengisi postest dan pretest sebagai parameter peningkatan pengetahuan sasaran program mengenai program yang akan dilaksanakan.

Dokumentasi Tim PPK Ormawa BEM KM FMIPA UGM

"Harapan kami, kegiatan pengenalan program ini dapat menjadi langkah awal untuk berkolaborasi dengan masyarakat dan nantinya dapat saling mendukung pelaksanaan program," ujar Griselda selaku ketua Tim PPK Ormawa BEM KM FMIPA UGM, Sabtu (15/6).

Kemudian dilanjutkan sambutan dari Ibu Yuni, selaku ketua KWT Nira Lestari. "Alhamdulillah, kami sangat menerima dan antusias untuk mengikuti program BRICOFI di Desa Trenten. Semoga dengan adanya acara ini dapat mendukung terlaksananya program BRICOFI sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Desa Trenten," terang Ibu Yuni, Sabtu (15/6).

Setelah sambutan selesai, acara dilanjut dengan pemaparan program kepada sasaran program yaitu anggota Gapoktan. Pada sesi ini terdapat sesi tanya jawab serta diskusi, sebagai wadah untuk menampung gagasan sasaran serta agar sasaran dapat mengenal program lebih dalam lagi. Antusiasme anggota Gapoktan sebagai sasaran program terlihat dari keaktifan saat sesi tanya jawab dan diskusi.

"Saya senang dapat mengikuti program BRICOFI karena saya mendapatkan ilmu mengenai cara mengolah limbah olahan kelapa. Harapannya, semoga program BRICOFI bisa menyejahterakan masyarakat," tutur Ibu Amin Fitriana selaku anggota Gapoktan, Sabtu (15/6).

Pemaparan program dilanjutkan dengan pengisian kuesioner awal program. Pengisian kuesioner didampingi secara langsung oleh anggota tim BRICOFI melalui gform serta kertas. Kuesioner diisi oleh peserta yang merupakan sasaran, mitra, serta perangkat desa.

"Harapannya adalah tim PPK Ormawa BEM KM FMIPA UGM bisa memberi manfaat dan memberdayakan masyarakat dengan adanya program yang diusung, yaitu BRICOFI. Semoga tim ppk ormawa dapat selalu menjaga semangat dalam membimbing dan mengabdi kepada masyarakat Desa Trenten hingga program berakhir nanti," ucap Alifa anggota tim BRICOFI, Sabtu (15,6).

Pengenalan program dan koordinasi perangkat desa dengan masyarakat sasaran ini bertujuan untuk menjadi langkah awal untuk berkolaborasi dengan masyarakat dan nantinya dapat saling mendukung pelaksanaan program. Griselda berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dan mendengarkan masukan serta harapan masyarakat sasaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline