Lihat ke Halaman Asli

Ini Caranya Membuat CV Menarik

Diperbarui: 10 Agustus 2017   08:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Membuat CV

1.Imbuhkan judul-judul yg mengambil perhatian perekrut

Amati jabatan-jabatan Anda. Udah cukup menarik dan deskriptif? Ketimbang mengaku seseorang kasir, katakan saja Anda pernah menjalani layanan pelanggan profesional. Atau, dibandingkan sekretaris, jabatan asisten administratif bisa saja lebih memikat. Akan tetapi, jangan sampai gunakan jabatan yg mampu sebabkan salah duga. Cukup fikirkan jabatan yg mampu mendeskripsikan pekerjaan Anda, akan tetapi menarik utk perekrut.

Contohnya, ” Manajer ” gak mendeskripsikan siapa atau apa yg dikelola. ” Manajer Staf Sales ” atau ” Manajer Eksekutif ” yang pasti lebih deskriptif dan cukup menarik utk terlist di daftar sejarah hidup.

Laksanakan analisa kecil-kecilan dengan bertandang ke biro tenaga kerja yg ada di kota Anda. Mereka yang pasti miliki buku atau rekomendasi memuat daftar jabatan, yg akan membantu Anda beroleh jabatan yg lebih deskriptif dan menarik.

2. Gunakan keyword dengan cara strategis

Banyak perusahaan sekarang mampu dengan ringan melihat daftar sejarah hidup berapa pencari kerja. Mereka memanfaatkan program komputer–yang paham kata kunci (keyword) tertentu–untuk menyaring berapa pelamar. Tersebut pemicu demikianlah banyak lamaran yg mereka sisihkan, dan cuman segelintir daftar sejarah hidup yg perekrut baca. Optimis daftar sejarah hidup Anda miliki kandungan kata kunci (keyword) yg sesuai utk industri atau pun posisi yg Anda lamar.

Amati kalimat yg perekrut gunakan di lowongan kerja. Kalau analisa yakni keahlian yg diperlukan, sisipkan kata ” analisa ” atau ” periset ” di–minimal–satu uraian pekerjaan atau keahlian yg Anda cantumkan dalam daftar sejarah hidup Anda.

Jangan sampai gunakan seluruh kata kunci (keyword) yg diterangkan di lowongan kerja. Daftar sejarah hidup Anda mampu kelihatan mencurigakan.

3. Gunakan kata kerja aktif utk mendeskripsikan tanggung jawab dan prestasi

Langkah barusan menonjolkan keahlian dan kapabilitas Anda dalam laksanakan pekerjaan yg Anda lamar. Mulai deskripsi tanggung jawab dan berapa pekerjaan Anda dengan kata kerja yg sama sesuai. Contohnya, utk posisi penerima tamu, pastikan kata kerja ” menjadwalkan “, ” membantu “, dan ” sedia kan “. Selanjutnya jabarkan apabila Anda miliki pengalaman ” menjadwalkan pertemuan “, ” membantu client “, dan ” sedia kan dukungan administratif “.

4. Jeli ejaan dan baca lagi daftar sejarah hidup

Jangan sampai pandang remeh langkah ini! Jeli lagi daftar sejarah hidup Anda demikian kali. Mintalah orang lain utk membacanya. Selanjutnya, mintalah orang lain yg cukup jauh interaksi dengan Anda utk membacanya. Kalau ada kesalahan ejaan dan tata bhs dalam daftar sejarah hidup, lamaran Anda bisa saja tak lagi di terima, sebagus apa pun keahlian dan pengalaman Anda.

Monitor kesalahan ejaan atau pun tata bhs, informasi kontak yg salah, kesalahan catat, dan pemanfaatan tKamu baca yg tdk sesuai.

Jeli lagi daftar sejarah hidup utk menekankan formatnya benar, dan ga ada informasi paling utama yg terlupakan.

Tips

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline