Lihat ke Halaman Asli

Ema Afwatunnisa

Mahasiswa KKN RDR 77 Kelompok 14 UIN Walisongo Semarang

Mengintip Potensi Alam Dusun Kalikesek "Bisa Jadi Desa Wisata"

Diperbarui: 15 November 2021   17:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Dusun Kalikesek

Kita sering mendengar kata "Potensi Alam", Potensi Alam adalah sumber daya alam yang mempunyai nilai maupaun keragaman hayati yang sudah ada dan bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna dimasa depan. 

Seperti di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki kekayaan alam melimpah yang bisa dimanfaatkan alamnya untuk dijadikan desa wisata. Salah satu wilayah yang berpotensi adalah di Dusun Kalikesek ini, tepatnya di Desa Sriwulan, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah.

Letak Geografisnya, di sebelah utara berbatasan langsung dengan dusun Ngesrep, sebelah timur berbatasan dengan Gunung Ungaran, sebelah selatan berbatasan dengan hutan pinus dan sebelah barat berbatasan langsung dengan desa Sriwulan. 

Dusun Kalikesek ini sangat berpotensi sebagai desa wisata karena memiliki kekayaan alam yang melimpah. Seperti hutan, air sungai, persawahan dan masih banyak lagi.

Dari potensi alam tersebut, masyarakat dusun Kalikesek mempunyai ide untuk menjadikan obejek tersebut sebagai wisata. Dimana sudah terealisasikan adanya beerapa objek wisata, diantaranya:

  • Kedung Sebogel, Kedung sebogel adalah sebuah kali/ air sungai yang dijadikan sebagai objek wisata berupa beberapa tingkat bendungan dengan air yang begitu jernih dan alami untuk berenang serta pemandangan hijau pepohonan disekitar objek wisata yang dapat menenangkan hati dan bersantai sejenak dari masalah hidup. Disana juga terdapat gasebo untuk beristirahat dari lelahnya berenang dan bisa untuk barbeque-an bersama teman atau keluarga.

  • Hutan Pinus (Puncak Kendal), adalah satu kawasan hutan pinus yang dijadikan objek wisata oleh warga setempat. Kawasan ini mempunyai potensi berupa pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Karena viewnya dan keasrian dari hutan tersebut banyak pengunjung yang datang. Disana juga banyak spot foto dan ada juga banyak burung dara menambah suasana asri.

  • Taman Senandu, adalah sebuah taman desa yang dijadikan objek wisata, terdapat kolam ikan dan gasebo bambu dan gasebo besi. Taman ini sangat menarik perhatian karena view persawahan yang hijau dan gasebo yang sangat indah sebagai spot foto. Objek wisata ini sangat cocok untuk anak muda zaman sekarang untuk berswafoto.

Masyarakat Dusun Kalikesek sangat bersemangat dalam mengelola wisata ini, semua warga bergotong-royong dalam membangun semua sarana prasarana objek wisata. 

Karena wisata ini dapat menjadikan peluang usaha dan memperbaiki ekonomi masyarakat setempat. Dimana bisa dijadikan sarana bejualan sovenir atau warung kopi dan tempat berjualan makanan asli daerah ini di sekitar tempat wisata.

Tentunya didalam objek wisata tersebut disediakan tempat sampah dan di pasangi peritah menjaga kebersihan alam dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. 

Pengunjung juga dihimbau agar tidak merusak alam sekitar wisata.  Sebagai informasi bahwa harga tiket masuk (HTM) wisata saat ini hanya membayar parkir saja sebesar Rp. 2.000 sangat murah bukan? Ayok tunggu apa lagi, buruan datang ke wisata dusun Kalikesek ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline