Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa PMM UMM Membuat Perencanaan Gambar Kerja Desain Pendopo Desa Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu

Diperbarui: 25 Agustus 2023   22:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Salah satu kelompok Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (PMM) di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumi Aji, Kabupaten, Kota Batu Jawa Timur. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh PMM-UMM Kelompok 64 Gelombang 64 Bhaktiku Negeri ini yang dibina oleh Widianto, ST,MT beranggotakan 5 orang yaitu Dhea Regina Apriani selaku koordinator, Elza Yurisca Arnawati, Anggun Ahlamiyah Wardah, Umroh Riski Amaliya, dan Masyita Aulia Halid sebagai anggota.

Projek utama dari kelompok PMM Bhaktiku Negeri ini adalah pembuatan perencanaan gambar kerja desain pendopo, dimana perencanaan yang dimaksud adalah semua hal yang diperlukan dalam perencanaan desain sebuah pendopo. Perencanaan desain pendopo ini dilakukan berdasarkan kebutuhan di Desa Pandanrejo . Desain pendopo di Desa Pandanrejo merupakan ide baru, pihak desa mengambil kesempatan ini untuk mendesain pendopo tersebut. Perencanaan tersebut dapat dilakukan karena kelompok 64 Bhaktiku Negeri yang kelima anggotanya merupakan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang.

Program kerja untuk perencanaan desain pendopo ini terdapat pekerjaan utama yaitu penyelesaian desain pendopo secara detail. Dalam perencenaan desain pendopo ini digunakan lahan seluas panjang 24 m dan lebar 14 m. Nantinya desain pendopo tersebut akan dibangun menggunakan material bangunan. Rencananya lahan tersebut tidak hanya akan dibangun pendopo melain beberapa bangunan dengan fungsi yang lain seperti ruang gamelan, ruang ganti  musholla, dan toilet.

dokpri

Projek ini tidak akan langsung dilaksanakan begitu perencanaan desain yang dibuat telah selesai. Menurut Bapak Loven selaku Kaur Kesra di Pandanrejo, perencanaan desain ini nantinya akan diajukan kepada kepala Desa Pandanrejo untuk mengajukan hasil desain tersebut.

Menurut informasi dari pengurus Desa Pandanrejo, banyak mahasiswa yang juga memilih proker di Desa pandanrejo tersebut, tetapi tidak semua berhasil tema yang dipilih. Karena hal tersebut pihak desa berencana untuk meminta mendesainkan pendopo dengan tanah desa yang strategis dan dilihat dari prospek kedepannya akan sangat menguntungkan. Ide perencanaan desain ini sudah direncanakan sejak setahun lalu oleh pihak Desa Pandanrejo baik untuk melihat desainnya nanti seperti apa, sehingga proker yang bertema desain ini akan berjalan lebih baik daripada tema-tema yang sudah dimiliki oleh pihak desa sebelumnya. Dengan adanya kerjasama antara dan Universitas Muhammadiyah Malang, harapannya ide tersebut dapat terealisasikan melalui kegiatan PMM oleh mahasiswa UMM. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline