Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa PMM UMM Mengedukasi Makanan Bergizi di SDN JATIMULYO 3 Malang

Diperbarui: 4 Januari 2024   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Pada hari selasa (2/08) kami memberikan materi tentang nutrisi 4 sehat 5 sempurna materi adalah salah satu dari program kerja yang kami lakukan. Materi tersebut berisi tentang kebutuhan nutrisi yang diperlukan sehari-hari seperti karbohidrat,protein,lauk pauk,sayur,buah,dan susu. Komponen dari makanan tersebut sangatlah penting berguna untuk memberikan masa pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Selain itu anak-anak kelas 5 SDN Jatimulyo 3 sangat antusias mendengarkan materi yang diberikan dan banyak sekali yang aktif bertanya. Makanan pokok yang sangat penting berguna sebagai sumber energi yaitu karbohidrat sebagai asupan yang dibutuhkan untuk stamina tubuh.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) https://umm.ac.id/.

Manfaat dari makanan 4 sehat 5 sempurna memilki bermacam-macam kandungan gizi seimbang yang pastinya bermanfaat untuk kinerja organ dan Kesehatan tubuh manfaatnya antara lain yaitu menunjang perkembangan otak misalnya melalui gizi yang terkendung dalam berbagai macam jenis ikan dan mencegah anak mengalami gizi buruk yang berujung pada pertumbuhan (stunting).Setelah memberikan materi pada pukul 12.00 menunujukkan waktu untuk istirahat ,anak-anak diberikan waktu 30 menit untuk makan dan melaksanakan shalat dzuhur. Setelah melakukan shalat dzuhur anak-anak Kembali kekelas untuk melaksanakan makan Bersama dengan bekal yang dibawa oleh masing-masing dari rumah.

kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa pmm ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian universitas muhammadiyah malang umm, pmm umm kelompok 171 gelombang 6 yang beranggotakan Elvy, Azza, Daya, Bimo dan Bryan.

Bekal yang dibawa siswa/siswi sangatlah bervariasi dari lauk dan sayurnya berbeda-beda ,saat melakukan makan Bersama-sama ada beberapa siswa dan siswi yang tidak membawa bekal untuk PMM kelompok 171 gelombang 6 menyediakan cadangan makanan untuk siswa dan siswi yang tidak membawa agar bisa menikmati makan bersama-sama dengan temannya. Setelah melakukan makan bersama tidak lupa para siswa dan siswi melakukan cuci tangan 6 langkah hingga bersih supaya tidak ada kuman yang menempel disisa jari-jari tangan.Setelah itu ,kami membagikan susu dan vitamin kepada siwa dan siswi.

Kakak PMM dari kelompok 171 gelombang 6 bernama bimo menjelaskan kepada siswa/siswi ''adik-adik tau gak manfaat dari susu dan vitamin cini untuk apa?'' Para siswa/siswi serontak mengatakan ''tidak paham kak''

''Nah untuk itu kak jelasin ya manfaat dari susu mengandung fosfor,protein serta adanya vitamin A dan B yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan energi selanjutnya sama halnya dengan vitamin c yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh,karena kandungan antioksidan yang dimiliki nah antioksidan ini membantu untuk mengurangi kerusakan sel akinat dari radikal bebas yang ada didalam tubuh'' ucap bimo selaku mahasiwa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline