Lihat ke Halaman Asli

Elvitrah NurVinski

Mahasiswi Univeritas Aisyiyah Yogyakarta

Pesona Pantai Sundak Daerah Istimewa Yogyakarta

Diperbarui: 19 Januari 2023   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Indonesia merupakan negara yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, yang memiliki sangat banyak keindahan alamnya yang tak akan ada habisnya untuk dikupas satu-satu. Indonesia merupakan negara yang terdapat banyak sekali pulau-pulaunya yang terdiri dari 37 provinsi.

Pesona Indonesia tidak bisa dipungkiri dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, khususnya pesona-pesona yang ada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta salah satu provinsi yang terkenal dengan banyaknya pantai yang begitu indah diprovinsi ini selain itu Daerah Istimewa Yogyakarta juga dikenal dengan keindahan candi yang berada didaerah sekitarnya. 

Lalu dibagian selatan terdapat Pantai Parangtritis dan Goa Cemara, dibagian Gunung Kidul sangat banyak sekali pantai yang berada di Gunung Kidul. Seperti Pantai Sepanjang, Pantai Nglambor, Pantai Sundak, Pantai silili dan masih banyak lagi.

Pantai Sundak merupakan salah satu pantai yang berada di Gunung Kidul, untuk waktu yang ditempuh dari Kota Yogyakarta menuju Pantai Sundak memerlukan waktu 2 jam.

Pantai Sundak ini terletak kurang lebih 3 Km dari jarak ke Pantai Kukup, untuk tarif masuk ke Pantai Sundak RP. 10.000,00. Walaupun Pantai Sundak ini tidak terlalu besar, namun Pantai Sundak menawarkan pesona pantainya yang begitu indah.

Ukuran Pantai Sundak yang tidak terlalu besar ini menyebabkan Pantai Sundak tidak terlalu ramai oleh pengunjung sehingga kenikmatannya dan pesonanya bisa dinikmati dengan maksimal.

Pantai Sundak mrmiliki batu karang yang berlumut menghiasinya dan mempunyai pasir pantai yang berwarna putih, selain itu di tepi Pantai Sundak terdapat gubug kecil yang disediakan oleh warga sekitar dan dapat disewakan. Untuk pembayaran gubuk disekitar Pantai Sundak biasanya dikenakan tarif RP.20.000,00. Selain itu disekitar Pantai Sundak juga menawarkan berbagai macam kuliner yang lezat dan ditemani dengan es kelapa muda.

Berdasarkan Sejarahnya yang beredar dikalangan masyarakat Pantai Sundak ini berasal dari cerita pertarungan antara anjing dan landak, lalu pertarungan tersebut dimenangkan oleh anjing dan akhirnya pantai tersebut dinamakan Pantai Sundak seperti yang kita kenal sekarang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline