assalamualaikum wr. wb
kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu filsafat progresivisme dan juga tokoh-tokohnya
pengertian
Progresivisme berasal dari kata progres yang berarti kemajuan secara harfiah dapat diartikan sebagai aliran yang mengingninkan kemajuan-kemajuan dengan cepat, serisng pula kata ini dikaitkan dengan kata progres yang berarti kemajuan yaitu aliran yang menghendaki sutatu kemajuan yang mana kemajuan ini akan membawa kepada sebuah perubahan, progresivisme meruakan salah satu aliran dalam filsafat pendidikan modern, aliran progresivsime bermuara pada aliran pragmatisme yang dikenalkan oleh william james dan jhon dewey yang menitikberatkan pada segi manfaat dalam hidup praktis, dalam konteks filsafat pendidikan progresivisme menekankan bahwa pendiidkan bukanlah sekedar upaya pemberian pengetahuan pada setiap peserta didik tapi hendaknya berisi tentang aktivitas yang mgarahkan kemampuan berlatih berfikir mereka secara menyeluruh.
Aliran progresisvisme memandang bahwa peserta didik mempunyai akal dan kecerdasan hal ini dibuktikan dengan manusia merupakan makhluk yang memiliki kelebihan dibandingkan makhluk lain. Guru progresif berfungsi untuk menjadi sumber yang memiliki tanggung jawab memberikan fasilitas belajar siswa.
Menurut aliran ini anak didik itu bukan manusia kecil namun manusia yang memiliki potensi untuk berkembang dan mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, dalam konteks ini belajar harus menyesuaikan kemampuan siswa jadi sebagai seorang guru yang progresif haruslah memperhatikan siswanya, yang harus di perhatikan daam belajar ini harus memberikan siswa waktu belajar mandiri,dan sisiwa harus belajar juga dari pengalamnnya. guru harus memberi motivasi siswa untuk menjadiknnya semnagt dalam pembelajaran. aliran progresivisme ini beranggapan bahwa belajar adalah suatu proses yang melihat pada kelebihan akal manusia, pembelajaran harus memberikan kesan yang baik dan menarik agar siswa mampu dan inigin mengaplikasikannya kedalam kehidupannya
tokoh- tokoh aliran progresivisme
1. william james
beliau seorang psikolog dan filososf yang dikenal sebagai pendidri aliran pragmatisme, beliau menegaskan bahwa funsi olah fikiran itu dipelajrari dari ilmu-ilmu alam , jadi apa yang diperoleh dari alam harus dipikirkan menggunkan otak dan fungsinya dalah untk dipelajari.
2. john dewey
menurut john dewey progresivisme merupakan intervensi atau terjemahan dalam hal pendidikan yang dihubungkan dengan orientasi tahap awal munculnya masyarakat berteknologi di amerika, mengenai pendidikan progresivisme john dewey menulis bahwa pendidikan itu menghendaki adanya filsafat pendididkan yang berlandaskan pada filsafat pengalaman secara singkt dia menyinggung adanya kesatuan pengalaman, rangkaian pengalaman ini memiliki aspek penting bagi pendidikan yang pertama hubungan antara individu dan masyarakat dan yang kedua adalah hubugan individu dan fikiran.