Lihat ke Halaman Asli

elvida siregar

Guru Produktif Tata Busana

Educational Consultacy Business: "Menjelajah Potensi dan Membentuk Keberhasilan"

Diperbarui: 5 Februari 2024   17:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

" EDUCATIONAL CONSULTANCY BUSINESS"

Oleh: Zamiah, Febri Ramadanu, Elvida Siregar, Hanna Maria Simanjuntak

Mahasiswa Magister Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Prima Indonesia

Latar Belakang

Dalam era globalisasi ini,Usaha Konsultasi Pendidikan dianggap sebagai fondasi bagi perkembangan individu dan masyarakat. tuntutan akan pendidikan yang berkualitas semakin meningkat. Namun, banyak siswa dan orang tua yang merasa bingung dalam membuat keputusan terkait jalur pendidikan yang tepat sesuai dengan potensi dan tujuan karir mereka. Usaha konsultasi pendidikan berfokus membantu siswa dan orang tua dalam menghadapi tantangan pendidikan. Usaha ini bertujuan untuk memberikan bimbingan yang holistik dan personal kepada individu, membantu mereka menjalani perjalanan pendidikan yang sukses.

Prayitno, (1989) konsultasi adalah urutan kedua strategi intervensi yang mencakup hubungan diantara pembantu profesional, konsultan, klien, konsulte dan kebutuhan bantuan target system. Konsultan adalah sesorang dari luar lingkungan system operasi klien, (system didefinisikan sebagai individu, organisasi kelompok atau fungsi unit social lainya), berusaha membantu klien dan membuat target perubahan yang positif. Biasanya hubungan ini dalam waktu sementara dan melibatkan semua kelompok yang akan produktif bila didasarkan pada kesukarelaan. Konsultasi pendidikan sastra Indonesia melibatkan diskusi dan pertukaran informasi antara individu atau kelompok yang memiliki minat atau kebutuhan terkait sastra Indonesia latar belakang dari kebutuhan konsultasi ini dapat bervariasi dan melibatkan berbagai pihak seperti siswa guru mahasiswa atau bahkan orang tua yang ingin memperoleh pemahaman lebih dari atau solusi terkait dengan bidang sastra Indonesia

Tujuan konsultasi adalah membuat perubahan positif dalam sistem klien. Perubahan yang dimaksud adalah proses yang dihindari yang terjadi dalam dua cara:

a. Dari tindakan dan kekuatan yang tidak terkontrol oleh system (pasif) dan, b. Dari usaha system mengatur pemecahan masalah dan pencapaian tujuan (aktif).

 Tujuan konsultan bekerja dengan system adalah membantu mereka mencapai penghargaan yang penuh dari potensi sendiri untuk mulai belajar dari perubahan itu. (Fullmer & Bernard, dalam Prayitno,1989). Konsultan dapat mengurangi perlawanan untuk perubahan yang dibuat segera di mana sistem klien (konsulti dan target sistem) merasakan perubahan pada diri mereka sendiri dipercaya sebagai gagasan sendiri, dibawah kontrol mereka bukan perencanaan orang lain. Hal ini merupakan jawaban kenapa dalam hubungan konsultasi dibangun dengan kesukarelaan dan sementara.Konsultasi pendidikan melibatkan proses mendapatkan saran dan bantuan dari ahli pendidikan atau konsultan pendidikan untuk memecahkan masalah atau meningkatkan kualitas proses pendidikan. Konsultan pendidikan bekerja sama dengan sekolah, guru, dan staf administratif untuk mengidentifikasi tantangan, merancang solusi, dan memberikan dukungan untuk meningkatkan efektivitas pendidikan.

Manfaat Usaha Konsultasi di Bidang Pendidikan

Asa Muharoroh(2016), beberapa manfaat yang dapat dihasilkan dari usaha konsultasi pendidikan yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline