Lihat ke Halaman Asli

Ideologi, Lingkungan, dan Satu Pandangan Dunia

Diperbarui: 24 November 2017   17:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dalam makalahnya  terdiri dari berbagai macam bagian yang mnejelasakn tentang lingkungan berhubungan dengan organisasi sosial, adpun hal tersebut bagian pertamanya adalah menguraikan pertumbumbuhan umum environmentalisme dan bagaimana ia telah mendalami wacana secara umum serta menjadi ideologi yang dominan, bagian keduanya ialah membentuk Spektrum utnuk berbagai lingkungan.

Bagian ketiganya makalah in memusatkan  perhatian ada arena akuntansi dan melihat bagaimana bahasa dan kekuatan berinteraksi dengan kendaraan komunikasi korporat  untuk berdistribusi pada wacana yang lebih luas. Pada pabian keempat makalah menggambarakan pemilihan laporan dan kerangka kerja yang digunakan untuk menganlaisis wacana dan selanjutnya analisis laporan sukarela Noranda yang tersedia.

Wawasan LingkunganEder (1996) memulai tiga fase di akhir tahun 1960-an. Dia menggambarakan pertama sebagai fase dimana ketidakcocokan ekologi dan ekonomi mencirikan masalah lingkungan, tahap kedua terjadi ketika pendekatan  peraturan mendominasi tindakan dan wacana lingkungan fase ke 3 adalah fase yang muncul pada pertengahan tahun 1990am yaitu normalisasi budaya masalah lingkungan dan integrasi mereka dengan pola piker ideologis yang mapan. 

Terdapat beberapa varian di dalam dua sudut pandang ini dan Gray et al (1996) menawarkan klasifikasi tujuh tingkat kerangka kerja untuk menjelaskan" beberapa cara umum dimana  berbagai kelompok dalam masyarakat dapat membayangkan hubungan antara organisasi dan masyarakat.

Pandangan  filosofis lingkungan diberi label dan dijelaskan sebagai berikut:Kapitalis murniDimana pandangan dominan dalam akuntansi dan keuangan dimana satu-satunya tanggung jawab korporasi adalah meghasilkan uang bagi pemegang saham.Perimbangan Mereka yang memiliki pandangan jangka panjang yang menyadari bahwa kesejahteraan ekonomi dan stabilitas hanya dicapai dan menerima tanggung jawab sosail tertentu.

Pendukung kontrak sosial Sebuah sikap bahwa perusahaan dan oganisasi lain ada pada kehendak masyarakat dan oleh karena itu bertanggung jawab untuk  menghormati dan merespond masyarakat tersebut.Ekologi sosial Mereka yang perduli terhadap lingkungan sosial dan merasa bahwa karena organisasi besar telah berpengaruh dalam menciptkan masalah sosial dan lingkungan yang harus mereka jaga berpengaruh dalam membantu memberantas masalah ini.

Sosialis Harus ada penyesuaian kembali  yang signifikan dalam kepemilikan dan penataan masyarakat.Feminis radikalMereka yang merasa bahwa ada sesuatu yang pada dasarnya salah dengan konstruksi maskulin agresif yang membandingkan sistem sosial kita da bahwa ada kebutuhan akan nilai-nilai feminism seperti cinta, kasih saying dan kerjasamaAhli ekologi mendalam berpendapat bahwa  manusia tidak memiliki hak eksistensi yang lebih besar daripada kehidupan lainya.

Filosofi Antroposentris ( Manusia- Dipusatkan(Clark, 1998, hal 346) menyatakan bahwa ada keyakinan bahwa kebaikan semua dapat dipromosikan melalui operasi pasar ekonomi yang tidak terbatas. Para pemerintah dibawah pendirian ini adalah untuk melindungi  kehidupan kebebasan dan hak kepemilikan, alam tersebut berharga hanya karena kegunaannya bagi manusia, untuk kedepannya tidak ada masalah yang nyata karena manusia dan teknologi sangat mudah beradaptasi.

Filosofis ekosentris (Holistik)Dalam penjelasannya ekologi berbeda dengan lingkungan karena dibutuhkan pandangan yang lebih holistic yang melibatkan pemikiran ulang tempat manusia di alam. 

Ekofeminisme merupakan istilah umum untuk berbagai perspektif yang berfokus pada kesejajaran antara dominasi perempuan dan dominasi alam. Ekofeminisme  tampaknya memilki banyak kesamaan dengan ekologi yang dalam. Meskipun demikian, ekofeminisme tidak mencari penggabungan manusia dan alam yang dicari oleh bebrapa  ahli ekologi mendalam namun ia berusaha untuk memahami kesamaan dan perbedaan antara manusia dan alam.

Komunikasi dan wacana PerusahaanWacana merupakan produk budaya dan sosial yang berfungsi untuk membnagun kehidupan sosial kita dan memproduksi secara rekursif, menghasilkan kembali dan mengubah makna, ideologi serta struktur sosial (Fairclough, 1989, 1992; Phillips & hardy, 2002; van Dijk, 1985). Wacana public didasari oleh beragam komunikasi yang beragam dan beragam. Penting untuk mempertimbangkan hubungan antara bahasa, kekuatan dan Ideologi (fairclough, 1989).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline