Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN 39 Unusa Ajak Santri Membuat Hand Sanitizer

Diperbarui: 31 Agustus 2021   12:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber. Dokumentasi KKN 39 UNUSA

Surabaya – Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan pondok pesantren., Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama’ Surabaya (UNUSA) memberikan tutorial pembuatan hand sanitizer kepada para santri secara langsung di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum, Bedanten, Bungah, Gresik.

Ketua kelompok KKN 39 UNUSA, Nor Halima menjelaskan bahwa penyebaran virus Covid-19 akhir-akhir ini meningkat pesat sehingga pemerintah memberlakukan PPKM Darurat Covid-19 hingga level-4, sehingga mahasiswa KKN UNUSA ingin mengajak para santri untuk membuat hand sanitizer dengan bahan alami dan mudah didapatkan, selain itu juga mengajarkan santri dengan pola hidup bersih dan sehat, memakai masker yang baik dan benar dan mencuci tangan dengan sabun agar menjadi santri yang tangguh di era pandemic dan tidak mudah sakit.

”Kami ingin mengajak para santri bersama-sama untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat  dan mematuhi protokol kesehatan yang ada sesuai anjuran yang diberikan oleh pemerintah sehingga menjadikan santri yang sehat secara jasmani dan rohani” ucap Halima, Kamis (26/08).

Halima menjelaskan bahwa masih banyak santri yang mengabaikan dan tidak melakukan protocol kesehatan yang sesuai.”Jadi kami mula-mulanya kami melakukan kegiatan sosialisasi mengenai apa itu Covid-19 kepada para santri” jelasnya. Halima menjelaskan bahwa selain sosialisasi ada juga kegiatan membuat hand sanitizer dengan bahan yang mudah didapatkan yaitu daun sirih. Daun sirih merupakan tumbuhan yang mengandung anti septik dan dapat mmbunuh bakteri serta memiliki daya antioksidan, antiseptic, fungisida dan bakterisidal.

Selain itu Mahasiswa KKN UNUSA juga membagikan masker dan hand sanitizer yang sudah dibuat bersama-sama di ligkungan pondok pesantren “Hal ini agar santri lebih terjaga dan menjadikan santri tangguh Covid-19” ujar Halima, Kamis (26/08).

Sumber. Dokumentasi KKN 39 UNUSA Pembagian Handsanitizer & Masker pada Santri Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum, Bedanten Gresik




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline