Lihat ke Halaman Asli

Akibat Kurang Tidur pada Malam Hari

Diperbarui: 14 April 2016   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="triptease.com"][/caption]Sudah tentu tubuh serta pikiran anda membutuhkan istirahat yang cukup setelah seharian menjalani berbagai macam kegiatan yang melelahkan. Memaksa diri anda untuk begadang dan mengurangi istirahat pada malam hari adalah tindakan yang kurang baik bagi kesehatan anda. Berikut di bawah ini adalah dampak-dampak yang akan timbul akibat kurang tidur pada malam hari:

[caption caption="rbk.h-cdn.co"]

[/caption]Tidak Baik Untuk Kesehatan

Kurang tidur pada malam hari bukan hanya akan menimbulkan rasa kantuk pada saat menjalani berbagai macam kegiatan di pagi hari, melainkan juga tidak baik untuk kesehatan dan berisiko untuk menimbulkan berbagai macam penyakit, seprti jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan hati.

[caption caption="roguehealthandfitness.com"]

[/caption]Pola Makan Tidak Teratur

Disadari atau tidak, kebiasaan begadang sangat mempengaruhi pola makan dan berat badan anda. Ketika anda begadang satu malam penuh, maka kemungkinan besar anda akan merasakan lapar yang menuntun anda untuk kembali makan atau paling tidak memakan makanan-makanan kecil. Apabila dilakukan setiap hari tentu hal ini akan memperbesar risiko anda untuk mengalami kenaikan berat badan yang tajam.

[caption caption="mycity-web.com"]

[/caption]Meningkatkan Tekanan

Apabila anda sedang tertekan atau stress, maka sebaiknya anda tenangkan pikiran anda dengan makan serta istirahat yang cukup. Begadang semalam suntuk justru akan membuat anda semakin tertekan dan menimbulkan rasa berat di dalam pikiran anda karena kurang beristirahat.

[caption caption="cdni.wired.co.uk"]

[/caption]Mempercepat Penuaan Kulit

Gangguan kulit pun tidak dapat dihindari apabila selama ini anda selalu begadang dan enggan untuk mengistirahatkan diri pada malam hari. Kulit cepat kusam, pucat, serta timbulnya keriput-keriput halus adalah gangguan-gangguan kulit yang mengancam diri anda apabila anda kurang mendapatkan istirahat yang cukup.

[caption caption="freecareeradvices.com"]

[/caption]Sulit Untuk Berkonsentrasi

Rasa stress pada pikiran di pagi hari bisa saja timbul karena anda telah begadang semalam suntuk dan tidak mengistirahatkan pikiran dan juga tubuh anda. Rasa stress inilah yang nantinya akan mengurangi konsentrasi anda, baik itu ketika belajar maupun bekerja. Kurang tidur juga mampu menyebabkan anda menjadi lebih cepat lupa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline