Lihat ke Halaman Asli

Lima Tanda Bahwa Kita Telah Tepat Memilih Kerja

Diperbarui: 12 Februari 2016   16:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Sumber gambar: psmu-01.atmocdn.com"][/caption]Pekerjaan pertama yang kita dapat setelah lulus kuliah sangatlah penting untuk pengembangan diri dan juga karir. Pekerjaan pertama yang akan kita jalani bukan hanya sebagai penyempurna isi resume kita saja, tetapi juga sebagai tempat melatih profesionalitas dan bahkan dapat mengubah karakter diri kita menjadi lebih baik. Berikut ini adalah 5 tanda bahwa kita telah tepat memilih tempat kerja:

[caption caption="www.psychologies.co.uk"]

[/caption]1. Lebih Mengenal Diri

Pekerjaan pertama akan dengan jelas membantu kita untuk mengenal kemampuan kita lebih dekat. Mengetahui keahlian apa saja yang kita miliki, jenis tugas-tugas apa saja yang kita sukai, bahkan juga membantu kita untuk mengetahui bakat yang selama ini terpendam. Di sisi lain, kita juga dapat lebih mengetahui batas pergaulan, batas kekuatan fisik serta mental, dan mengetahui apa saja kekurangan-kekurangan kita di dalam pekerjaan tersebut.

[caption caption="Sumber gambar= www.thebrsblog.com"]

[/caption]2. Lebih Pandai Berkomunikasi

Mungkin dahulu ketika masih bersekolah atau kuliah kita masih sangat takut untuk berbicara di depan banyak orang. Tetapi karena sekarang pekerjaan kita menuntut untuk berbicara di depan umum sebanyak 2 sampai 3 kali di dalam sebulan, maka kita menjadi pandai berkomunikasi. Mungkin dahulu kita masih terus berkata “iya” atas permintaan orang lain. Namun, kini kita berani berkata “tidak” terhadap hal-hal yang tidak benar-benar kita kuasai.

[caption caption="Sumber gambar: 41.media.tumblr.com"]

[/caption]3. Melihat Dunia Dengan Cara Berbeda

Mungkin dahulu kita bersikeras bahwa ada suatu pekerjaan yang kita tidak sukai bahkan kita benci. Kemudian tanpa disangka-sangka justru pada pekerjaan itulah kita menjalani karir dan kita sadar bahwa pekerjaan tersebut tidak seburuk dengan yang selama ini kita kira. Semakin kita merenungi tentang pekerjaan kita malah semakin membuat kita berpikir bahwa tidak semua hal yang kita benci adalah buruk bagi kita semua, begitu pula sebaliknya.

[caption caption="Sumber gambar: hostingnsb.com"]

[/caption]4. Menghasilkan Pertemanan Yang Baik

Dengan melakukan pekerjaan secara rutin setiap hari, maka ada kemungkinan bahwa jumlah teman-teman yang kita punya pun akan semakin bertambah banyak. Dengan bekerja secara disiplin dan baik tentu teman-teman kerja kita juga akan ikut senang dan dari situlah akan terjalin pertemanan yang baik yang akan membuat kita semakin nyaman untuk berada di tempat di mana kita bekerja. Bahkan bukan tidak mungkin bahwa pertemanan yang baik juga akan memberikan dampak positif bagi perusahaan kita.

[caption caption="Sumber gambar: idisciple.blob.core.windows.net"]

[/caption]5. Semakin Dewasa Dan Rendah Hati

Setelah beberapa lama bekerja akhirnya kita sadar bahwa orang pintar itu jumlahnya banyak dan setiap orang tentu memiliki keahlian masing-masing yang tidak boleh kita hina. Walaupun begitu, kamu juga sadar bahwa orang-orang pintar yang mampu bekerjasama dalam kelompok itu sedikit jumlahnya. Akhirnya kita bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan meningkatkan kualitas kita di tempat kerja. Kita juga menjadi lebih sadar bahwa hanya dengan bekerja bersamalah maka perusahaan akan berjalan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline