Lihat ke Halaman Asli

Tujuh Alasan untuk Segera Membangun Bisnis Sendiri

Diperbarui: 4 Februari 2016   18:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="http://wd-services.co.uk/wp-content/uploads/2014/06/o-SMALL-BUSINESS-facebook.jpg"][/caption]Memang di antara kita banyak yang bercita-cita agar mampu menjadi pengusaha yang sukses. Apabila kita perhatikan keadaan zaman sekarang, banyak anak muda yang telah memulai untuk berbisnis atau berusaha bersama teman-teman mereka. Biasanya mereka yang ingin menjadi pengusaha ini adalah karena kemauan diri sendiri, ingin menjadi bos, ingin memiliki waktu kerja yang fleksibel, dan tentu ingin memiliki pendapatan yang besar.

Berikut ini adalah tujuh alasan yang mana apabila kita telah memiliki semuanya, maka ada baiknya bagi kita untuk segera membangun bisnis yang kita cita-citakan.

[caption caption="https://admin.musicgateway.net/images/blog/hedge-funds.jpg"]

[/caption]

Modal Yang Kuat

Tidak dapat disangkal bahwa modal adalah bahan bakar untuk memulai bisnis sendiri, sekecil apapun bisnis yang akan kita jalani, tentu kita memerlukan sebuah modal. Tanpa modal yang cukup, semua rencana yang terdapat di kepala kita akan sulit untuk diwujudkan. Keinginan yang kuat untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis yang sukses harus diimbangi oleh kepemilikan modal yang cukup. Sebenarnya tidak ada yang mengatur kapan kita harus menjadi pebisnis, sehingga apabila memang kita belum memiliki modal yang cukup, maka kita dapat memulai untuk menabungnya.

[caption caption="http://thehayesapproach.com/wp-content/uploads/2012/09/New-age-thinking-man1.png"]

[/caption]

Rencana Yang Matang

Apabila modal yang cukup tidak diiringi oleh rencana yang matang, maka kemungkinan besar usaha atau bisnis yang kita lakukan akan cepat gulung tikar. Karena dengan rencana yang matang inilah kita akan mengetahui dengan jelas jenis bisnis apa yang akan kita geluti, seperti apakah keadaan pasar, bagaimana persaingan di dalamnya, siapakah yang akan menjadi target kita, bagaimanakah susunan kepengurusan perusahaan yang professional, dan lain-lain. Rencana juga akan sangat membantu kita untuk mencetuskan solusi dari berbagai permasalahan yang datang. Sekali lagi, memulai bisnis itu tidak perlu terburu-buru, tetapi harus ditargetkan dan direncanakan dengan sangat matang, agar hasilnya pun akan manis.

[caption caption="http://www.footsloggers.com/wp-content/uploads/Rock-Climbing-Feature1.png"]

[/caption]

Haus Akan Pengalaman Dan Tantangan

Calon pengusaha yang kuat adalah orang-orang yang selalu haus akan pengalaman dan tantangan. Mereka akan terus mencari cara agar bisnis atau usaha yang mereka ingin lakukan dapat tercapai dengan baik. Oleh karena itu, apabila memang kita ingin menjadi pengusaha atau pebisnis, maka kita tidak boleh takut gagal atau rugi, karena hal-hal tersebut adalah risiko dari memulai bisnis. Namun, kita juga tidak boleh asal-asalan dan ceroboh, alih-alih berani ambil banyak risiko dan tantangan, malah justru usaha yang kita cita-citakan berantakan di tengah jalan akibat bangkrut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline