Lihat ke Halaman Asli

E LutfiaZahra

Dosen Tata Busana di Universtas Negeri Jakarta

Pelatihan Pembuatan Pola Celana Santai bagi Masyarakat Kecamatan Muaragembong Bekasi

Diperbarui: 14 November 2022   15:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembuakaan Kegiatan didampingi bapak sekertaris desa

Muaragembong merupakan kecamatan paling ujung dikabupaten Bekasi, berbatasan dengan laut jawa di utara, teluk jakarta di barat kabupaten karawang di timur, dan kecamatan babelan di selatan, sebagian besar penduduk muaragembong bermatapencaharian sebagai nelayan, menagkap ikan, kepiting, dan udang untuk dijual ke jakarta khususnya ke daerah cilincing, ancol dan muara angke. Tambak perikanan mencakup lahan seluas 10.125 Ha. menjadi matapencaharian utama 60% dari total kepadatan penduduk 36.181 jiwa.

Dalam  meningkatkan kualitas sumberdaya masyarakat di kecamatan Muaragembong kabupaten Bekasi, masyarakat khususnya ibu-ibu rumahtangga perlu diberikan pelatihan keterampilan yang merupakan program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan tentang pengetahuan dan keterampilan pembuatan pola celana santai. 

Dengan diberikannya pelatihan ini diharapkan masyarakat dikecamatan Muaragembong memiliki keahlian dalam membuat pola celana santai dan dapat berwirausaha, memproduksi dan menjual celana santai untuk menambah perekonomian keluarga. sehingga masyarakat tidak hanya mengandalkan penghasilan dari tambak perikanan dan penangkapan ikan.

Berdasarkan permasalahan yang ada maka diperlukan kegiatan keterampilan membuat pola celana santai  khususnya pada ibu-ibu rumahtangga dan remaja yang memiliki potensi untuk diberikan pelatihan, setelah kegiatan pelatihan ini diharapkan ibu-ibu rumahtangga dan remaja  memiliki keterampilan membuat pola celana santai yang akan diwujudkan menjadi produk celana santai yang dapat dijual untuk menambah penghasilan keluarga.

Pelaksanan kegitan pengabdian kepada masyarakat berlangsung pada tanggal 29 Juli 2022, di desa pantai Sederhana, kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Acara Pengabdian kepada Masyarakat dihadiri oleh bapak Sekertaris desa didampingi 2 orang staf  kantor desa. Peserta kegiatan ini berjumlah 20 orang peserta, 2 orang dosen tata busana beserta tim mahasiswa.

Lokasi pelaksanaan Pengabdian Masyarakat yang cukup jauh harus memiliki persiapan materi dan fisik yang kuat, karena terkadang kita belum memahami lokasi yang akan menjadi tempat pengabdian kita, yang ternyata memiliki karakter yang berbeda disetiap tempat atau lokasi, hal ini menjadi tantangan dalam melakukan pengabdian pada masyarakat. 

Selain harus siap memahami lokasi, jenis keterampilan merupakan salahsatu indikator dari keberhasilan dan kebermanfaatan dalam melakukan pengabdian pada masyarakat, karena antusias atau tidaknya dengan kegiatan kita juga tergantung bagaimana pembawaan dan jenis keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan.

Proses pembuatan pola celana santai sangat mudah sehungga dapat dikuti oleh peserta pelatihan. peserta pelatihan sangat antusias dan merasa bermanfaat mengikuti pelatihan ini.

Demonstrasi Pembuatan Pola Celana Santai Secara Konstruksi

Pengarahan petunjuk pembuatan pola celana santai

Pembuatan Pola celana Satai dengan mengikuti Pola Jadi Ukuran standard

Hasil Pembuatan Pola Celana Santai




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline