Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Manajemen Keuangan Rumah Tangga Muda Untuk Ibu-Ibu PKK

Diperbarui: 13 April 2023   12:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Masalah keuangan adalah salah satu permasalahan yang sering muncul di kehidupan rumah tangga. Saat memutuskan untuk hidup berpasangan, tentu membutuhkan penyesuaian dalam berbagai hal. 

Salah satunya adalah aspek keuangan yang menjadi penting untuk dipikirkan dan diusahakan secara bersama. Untuk itu, para pasangan muda yang memutuskan berumah tangga wajib nih mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga agar tetap harmonis.

Mengapa manajemen keuangan itu penting? Jika berbicara tentang uang, pastinya pasangan harus terbuka dan juga transparan. Dengan mengatur keuangan rumah tangga bersama, pasangan dilatih untuk disiplin dengan membuat anggaran rumah tangga dan tentunya hal ini membutuhkan komunikasi yang lancar. Sering kali menjadi pertanyaan bagi pasangan muda, kira - kira bisa gak ya menjadi pasangan yang pintar mengatur keuangan rumah tangga nanti?

Untuk menjawab pertanyaan - pertanyaan tersebut, Bekerja sama dengan PUSBANG KKN UNNES dan LPPM UNNES, mahasiswa KKN UNNES mengadakan sosialisasi manajemen keuangan rumah tangga muda untuk masyarakat Desa Randugunting melewati ibu - ibu PKK. 

Dengan adanya sosialisasi terkait manajemen keuangan rumah tangga muda yang diterima, ibu - ibu PKK dapat menjadikannya pelajaran/ilmu yang dapat diajarkan ke anak - anak/cucu mereka kelak menjenjang pernikahan.

Tujuan sosialisasi ini antara lain :

  • Memberi pengetahuan mengenai manajemen keuangan
  • Mempererat komunikasi antara pasangan dalam mengatur keuangan

Manfaat sosialisasi ini antara lain :

  • Membantu ibu - ibu memahami manajemen keuangan rumah tangga yang baik
  • Sehingga ibu - ibu dapat membagikan pengetahuan tersebut ke anak/cucu yang kelak menuju jenjang pernikahan
  • Kedepannya generasi muda/ pasutri muda dapat menghindari masalah keuangan kelak.

Fasilitator : Mahasiswa KKN Universitas Negeri Semarang GIAT 4

Kegiatan sosialisasi manajemen keuangan rumah tangga muda dilaksanakan mahasiswa KKN UNNES pada kegiatan acara PKK yang diadakan sebagai acara tambahan untuk edukasi ibu - ibu PKK di rumah ibu ketua RT07 pada hari minggu tanggal 2 april pukul 13.00 WIB.

Rumah tangga ibarat sebuah kapal yang mengarungi samudera luas, suami menjadi nahkoda dan istri menjadi pemegang kompas. Akan ada banyak badai yang akan membuat kapal karam, namun jika bisa dilalui bersama maka kapal tersebut akan berlabuh di dermaga kebahagiaan.

LANGKAH PERTAMA

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline