Lihat ke Halaman Asli

El Shania Ravitamala

Bismillahirrahmanirrahim

KKN UNEJ: Optimalisasi Pembelajaran Online Bagi Guru PAUD Menuju Era Digital

Diperbarui: 14 September 2021   06:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara mandiri yang dilakukan di desa masing-masing mahasiswa. Kegiatan KKN tersebut mengambil tema kegiatan Program Literasi Desa pada Masa Pandemi Covid-19 dengan judul kegiatan Orientasi Media Pembelajaran Online pada Guru PAUD. Pelaksanaan program tersebut dilaksanakan pada lembaga pendidikan PAUD TP PKK Lengkong di Desa Lengkong, Kabupaten Jember.

Kegiatan KKN minggu pertama yang dilakukan adalah tahap perencanaan dan diskusi. Tahapan tersebut dilakukan diskusi dengan Kepala Desa Lengkong untuk mendapatkan informasi terkait permasalahan suatu kondisi dan potensi dari desa.  Kemudian dilakukan diskusi bersama guru PAUD TP PKK Lengkong terkait permasalahan dalam bidang pendidikan selama pandemi tersebut. Berikutnya dilakukan perencanaan dan pemantapan program yang akan dilakukan kepada sasaran yaitu guru.

Ibu Asyati (54 tahun) sebagai salah satu guru PAUD, menyatakan bahwa permasalahan yang dihadapi selama pembelajaran daring yaitu belum dapat menggunakan media pembelajaran online. 

Oleh karna itu, proses pembelajaran hanya berdasarkan pemberian tugas melalui whatsapp group. Berdasarkan hal tersebut, proses pembelajaran daring banyak mendapat keluhan dari wali murid siswa karna dinilai tidak efektif. Mencermati permasalahan diatas, dibutuhkan sebuah terobosan baru dalam pemanfaatan platform media pembelajaran online seperti zoom, google meet, google classroom, google form dan canva. 

Kegiatan minggu kedua adalah dilakukan sosialisasi mengenai pentingnya menggunakan media pembelajaran online. Hal tersebut, untuk memaksimalkan kegiatan proses pembelajaran sehingga guru dapat berinteraksi dengan siswa secara virtual. 

Berikutnya dilakukan pelatihan kepada guru PAUD TP PKK Lengkong mengenai penggunaan media belajar zoom dan google meet. Kegiatan pelatihan tersebut mengenai cara pembuatan meeting menggunakan zoom dan google meet, mengontrol pertemuan saat menjadi host meet, cara berbagi layar (share screen) kepada semua partisipan dan cara menambahkan  partisipan yang masuk dalam room tersebut.

Kegiatan minggu ketiga adalah dilakukan pelatihan lanjutan yaitu pembuatan video animasi pembelajaran. Sasaran akan dikenalkan terkait penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan video pembelajaran yang nantinya dapat mendukung proses pembelajaran antara guru dan siswa. Berikutnya, sasaran akan melakukan praktik secara mandiri dalam membuat video yang kreatif dengan didampingi oleh mahasiswa KKN. 

Hasil dari video pembelajaran tersebut dapat dibagikan melalui whatsapp group sehingga siswa dapat menonton dan memahami melalui video tersebut. Selain itu, penggunaan video sebagai media pembelajaran dapat ditonton kembali sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar.

Kegiatan minggu keempat adalah dilakukan pelatihan lanjutan penggunaan platform media pembelajaran online seperti google classroom dan google formulir. Kegiatan tersebut dilakukan dengan dua kali pertemuan, pada pertemuan pertama yaitu pelatihan penggunaan media pembelajaran dengan google classroom untuk memudahkan guru dalam mengontrol tugas siswa. 

Kemudian, pada pertemuan kedua yaitu pelatihan penggunaan media pembelajaran dengan google formulir untuk membuat survei dalam pembuatan soal ulangan harian, soal ujian dan presensi kehadiran siswa. Sasaran akan didampingi mahasiswa KKN dalam penggunaan aplikasi tersebut untuk pengenalan dan pelatihan platform digital tersebut agar dapat memaksimalkan proses pembelajaran daring. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline