Lihat ke Halaman Asli

Elsa Yulinda

Mahasiswa

Tari Ganongan

Diperbarui: 14 Juli 2023   18:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Tari Ganongan merupakan kesenian tradisional yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Kesenian tradisional dari Boyolali ini juga di lestarikan di daerah-daerah lain seperti daerah Magetan. Tari ganongan ini sangat diminati oleh siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar setempat karena tariannya yang cukup mudah untuk dipelajari. 

Tari ganongan memiliki sejarah yakni sebagai tokoh bujang ganong yang diutus oleh prabu Sewandana untuk meminang Dewi Sangga Langit. Namun terlepas dari sejarah tersebut, sebuah kesenian memang harus dilestarikan agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman. 

Pada siswa-siswi Sekolah Dasar beberapa daerah di Magetan, menjadikan tari ganongan ini sebagai pertunjukan yang diadakan diacara-acara besar ditempatnya seperti purna wiyata SD kelas 6. Tari Ganongan ini biasanya diikuti oleh 4 sampai dengan 5 anggota. Tari Ganongan ini biasanya juga dimainkan ketika ada pertunjukan Reog Ponorogo.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline