Lihat ke Halaman Asli

Elsa Yuli Yana

Saya salah satu Mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Tangerang, dengan jurusan Prodi Manajemen.

Saluran Pemasaran dan Manajemen Rantai Pasokan

Diperbarui: 4 Januari 2025   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto zoom Kelompok 4 Presentasi 

Saluran pemasaran dan manajemen rantai pasokan merupakan dua konsep penting dalam dunia bisnis. Keduanya saling terkait dan berperan penting dalam proses penyampaian produk atau jasa kepada konsumen. Saluran pemasaran melibatkan serangkaian organisasi yang saling bergantung, sedangkan rantai pasokan mencakup semua kegiatan yang terlibat dalam proses produksi dan distribusi.

Pengertian saluran pemasaran 

Saluran Pemasaran adalah serangkaian organisasi yang saling bergamtumg dan terlibat dalam proses pembuatan produk dan jasa yang disediakan untuk digunakan atau dikonsumsi. Menurut Sudarsono dan Heri (2020).

Fungsi Saluran Pemasaran 

Saluran Pemasaran berfungsi untuk mengalirkan barang dari produsen ke konsumen. Saluran Prmasaran mengatasi kesenjangan waktu, tempat, dan kepemilikan yang memisahkan barang dan jasa dari mereka yang membutuhkan.

Ada 3 fungsi aliran pemasaran, yaitu : 

1. Aliran Ke Depan 

Beberapa fungsi (fisik, hak milik, dan promosi) membentuk aliran ke depan dari perusahaan kepada pelanggan.

2. Aliran ke Belakang

Fungsi lainnya (pemesanan dan pembayaran) membentuk aliran ke belakang dari pelanggan ke perusahaan.

3.  Aliran Dua Arah 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline