Saluran pemasaran dan manajemen rantai pasokan merupakan dua konsep penting dalam dunia bisnis. Keduanya saling terkait dan berperan penting dalam proses penyampaian produk atau jasa kepada konsumen. Saluran pemasaran melibatkan serangkaian organisasi yang saling bergantung, sedangkan rantai pasokan mencakup semua kegiatan yang terlibat dalam proses produksi dan distribusi.
Pengertian saluran pemasaran
Saluran Pemasaran adalah serangkaian organisasi yang saling bergamtumg dan terlibat dalam proses pembuatan produk dan jasa yang disediakan untuk digunakan atau dikonsumsi. Menurut Sudarsono dan Heri (2020).
Fungsi Saluran Pemasaran
Saluran Pemasaran berfungsi untuk mengalirkan barang dari produsen ke konsumen. Saluran Prmasaran mengatasi kesenjangan waktu, tempat, dan kepemilikan yang memisahkan barang dan jasa dari mereka yang membutuhkan.
Ada 3 fungsi aliran pemasaran, yaitu :
1. Aliran Ke Depan
Beberapa fungsi (fisik, hak milik, dan promosi) membentuk aliran ke depan dari perusahaan kepada pelanggan.
2. Aliran ke Belakang
Fungsi lainnya (pemesanan dan pembayaran) membentuk aliran ke belakang dari pelanggan ke perusahaan.
3. Aliran Dua Arah