Lihat ke Halaman Asli

Luar Biasa Tiga Mahasiswi KKN-KI Malaysia Berperan Aktif Mengenalkan Budaya Indonesia

Diperbarui: 20 November 2023   23:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Pada hari jum’at (16/11/23),

Upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pendidikan khususnya mengenalkan salah satu budaya kekayaan Indonesia (Tarian), dalam rangka pelaksanaan program KKN-KI Malaysia yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (ALPTK PTMA) yang bekerja sama dengan Atdikbud KBRI Kuala Lumpur, Malaysia. Program ini sudah memasuki angkatan ke-9 dan akan dilakukan selama kurang lebih 28 hari,kegiatan ini disambut secara antusias oleh anak anak di Sanggar Belajar Kamus Gombak Utara.

Peserta KKN-KI terdiri dari 3 Universitas dan 3 jurusan yang berbeda di Indonesia yaitu, Elsa Febriyanti mahasiswi PTIK dari STKIP Muhammadiyah Kuningan,  Dina Nurhayati mahasisiwi Manajemen dari Universitas Muhammadiyah Lamongan, dan Novitria Rosalina mahasiswi Akuntansi dari ITB AD Lamongan, berperan aktif berbagai kegiatan di Sanggar Belajar Kamus Gombak Utara, diantaranya adalah pemberian materi pelajaran, mengenalkan dan memberikan pelatihan Tari Rampak dan Tari Manuk Dadali yang berasal dari Jawa Barat, serta pengembangan program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi anak anak di sanggar.

Dok. Pribadi

“Melalui KKN ini, kami berusaha menciptakan dampak positif yang berkelanjutan di masyarakat. Kami berfokus pada pemberdayaan pendidikan di Sanggar Belajar Gombak Utara agar dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan mutu pendidikan dilingkungan ini,” kata Elsa salah satu mahasiswi peserta program KKN KI.Dengan kedatangan tiga mahasiswi KKN-KI Malaysia ini telah mengenalkan budaya Indonesia melalui Tarian Rampak dan Manuk Dadali yang berasal dari Jawa Barat, sebelumnya mereka belum mengetahui tarian tersebut. Sekarang anak anak di Sanggar Belajar Kamus Gombak Utara telah mengetahui tarian tersebut dari mahasiswi KKN-KI Malaysia, mereka sangat antusias dan bersemangat, kegiatan ini memberikan peluang bagi anak-anak disanggar untuk terlibat dalam pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline