Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Inflasi terhadap Laju Pertumbuhan Ekonomi di Kota Jambi

Diperbarui: 2 Juli 2023   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pertumbuhan ekonomi (Economic Growth) adalah perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksikan dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat. Masalah pertumbuhan ekonomi dapat dipandang sebagai masalah makro ekonomi dalam jangka panjang. 

Perkembangan kemampuan memproduksi barang dan jasa sebagai akibat pertambahan faktor-faktor produksi pada umumnya tidak selalu diikuti oleh pertambahan produksi barang dan jasa yang sama besarnya. Pertambahan potensi memproduksi seringkali lebih besar dari pertambahan produksi yang sebenarnya. Dengan demikian perkembangan ekonomi adalah lebih lambat dari potensinya.

 Inflasi adalah sebuah keadaan perekonomian yang menunjukan adanya kecenderungan kenaikan tingkat harga secara umum (price level) dan bersifat secara terus-menerus. Hal ini disebabkan karena tidak seimbangnya arus barang dan arus uang yang di sebabkan oleh berbagai faktor. Inflasi juga merupakan salah satu indikator penting dalam menganalisis perekonomian selain pertumbuhan ekonomi, pengangguran, kemiskinan, dan ekspor-impor.

Inflasi juga merupakan masalah yang sangat besar dalam perekonomian setiap negara dan merupakan fenomena moneter yang selalu meresahkan negara karena kebijakan yang di ambil untuk mengatasi inflasi sering menjadi pisau permata dua yang akan berdampak pada tingkat pertumbuhan ekonomi secara agregat. Diantaranya keseimbangan eksternal dan tingkat bunga. Terjadinya guncangan dalam negri akan menimbulkan fluktuasi harga di pasar domestik yang berakhir dengan peningkatan inflasi pada perekonomian.

Laju inflasi tertinggi di kota jambi terjadi pada tahun 2006 dan terendah terjadi pada tahun 2012 yakni hanya mencapai 4,28 persen. Disini dapat dilihat 2013 sampai dengan 2015 pemerintah jambi bisa mempertahankan inflasi pada presentase 6 yang tentu akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Kota Jambi. Artinya dalam hal ini pemerintah Kota Jambi bekerja sangat baik dalam menjaga salah satu faktor yang menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi.

Laju pertumbuhan ekonomi atau PDRB di Kota Jambi selama kurun waktu 10 tahun. Dimana laju pertumbuhan ekonomi tertinggi terjadi pada tahun 2013 yang mencapai 7,76 persen. Artinya dalam memacu pertumbuhan ini pemerintah cukup berhasil hal ini salah satunya disebabkan membaiknya kinerja pemerintah yang mampu menekan angka inflasi pada level yang rendah. 

Karena inflasi hanya merupakan salah satu faktor yang ikut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi sehingga meskipun pada tahun 2014 dan 2015 pemerintah mampu mempertahankan tingkat inflasi pada level 6 persen namun pertumbuhan ekonomi di Kota Jambi mengalami penurunan persentase kenaikannya, yang masing masing tumbuh sebesar 6,64 persen pada tahun 2014 dan 5,54 persen pada tahun 2015.

Inflasi akan berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi artinya ketika terjadi kenaikan inflasi maka pertumbuhan ekonomi akan mengalami penurunan demikian juga sebaliknnya. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa laju inflasi berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi meskipun tidak signifikan.

 Inflasi dengan pertumbuhan ekonomi memiliki hubungan negatif sebesar -,236 . Arah hubungan negatif tersebut menunjukkan bahwa selama periode tahun 2006-2015 jika terjadi kenaikan inflasi cenderung akan mengurangi tingkat pertumbuhan ekonomi di Kota Jambi. 

Demikian juga sebaliknya jika terjadi penurunan inflasi akan menambah peningkatan pertumbuhan ekonomi. Meskipun hubungan yang terjadi dalam kategori sangat lemah akan tetapi peran inflasi dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi juga cukup besar. Karena dengan tingginya inflasi yang terjadi akan menghambat dalam pembangunan ekonomi dan aktifitas perekonomian pada masyarakat sehingga memperlambat kegiatan perekonomian dan pada akhirnya menurunkan pertumbuhan ekonomi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline