Lihat ke Halaman Asli

Elsa Citra

seorang anak kost biasa

Waduk Gambringan di Grobogan

Diperbarui: 17 Juni 2020   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Waduk Gambringan merupakan sebuah waduk yang terletak di desa Tambirejo ,kecamatan Toroh ,Kabupaten Grobogan . Jarak waduk ini dari kota Semarang sekitar 67 km dan bila  di tempuh menggunakan mobil membutuhkan waktu sekitar 2 jam . Waduk ini terbilang cukup luas ,waduk ini di bangun pada jaman penjajahan Belanda dan difungsikan sebagai sumber pengairan di wilayah setempat.

Potensi yang terdapat pada waduk Gambringan ini adalah hamparan pohon cemara yang cukup luas dengan nuansa yang cukup asri dan sejuk. Selain itu keadaan air pada danau ini tergolong jernih sehingga menambah daya tarik tersendiri .

Potensi lainnya adalah waduk ini terdapat berbagai jenis ikan air tawar seperti ikan Tawes,Nila ,lele dan ikan Gabus. Pada sore hari waduk ini menyajikan pemandangan sunset yang indah dengan berlatar belakang waduk Gambringan.

Namun sangat di sayangkan potensi dari waduk gambringan belum di manfaatkan dengan baik ,maka dari itu diperlukan strategi pengembangan .

Strategi pengembangan yang perlu dilakukan adalah dengan memanfaatkan pemandangan alam yang masih asri berupa pohon cemara waduk ini dapat di jadikan tempat wisata ,umtuk lebih menarik minat pengunjung dapat di bangun spot spot foto yang menarik di kawasan waduk ini . Seperti membangun jembatan yang menghubungkan daratan ke tengah waduk .

Selain itu dapat membangun warung makan apung  yang berkonsep konsumen memancing ikan nya sendiri . Selain itu perlu dilakukan penataan penanaman dari pohon cemara yang ada sehingga akan terlihat lebih rapi lagi. Penambahan vokal point seperti menambahkan tulisan waduk Gambirang pada pintu masuk waduk dapat  menambah keindahan lanskap pada waduk .

Kendala yang terdapat pada waduk ini adalah kurangnya perhatian  dari masyarakat setempat . Di waduk ini banyak di tumbuhi teratai yang mengapung di permukaan air waduk , sehingga akan mengganggu kebersihan dari waduk tersebut. Waduk ini terlihat mengalami pendangkalan karena kurangnya di lakukan pengerukan .Sehingga di perlukan kerja sama pemerintah dan masyarakat setempat untuk mengembangkan potensi Waduk Gambringan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline