Lihat ke Halaman Asli

MTsN 1 Kota Kediri Sukses Gelar Bazaar Wirausaha P5PPRA: Membentuk Jiwa Entrepreneur Muda

Diperbarui: 1 Juni 2024   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bazaar Wirausaha P5PPRA (Dok. pribadi)

Pada hari Senin, tanggal 20 Mei 2024 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kediri menggelar acara Bazaar yang merupakan salah satu bagian dari P5PPRA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) pada tema kewirausahaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan kreativitas peserta didik dalam menghadapi tantangan dunia nyata.

Berlangsung sejak pukul 08.00 pagi, halaman madrasah sudah dipenuhi oleh stand-stand kreatif yang dikelola oleh peserta didik. Mereka menjual berbagai produk makanan ataupun minuman berbahan lokal hasil buatan mereka sendiri. Suasana meriah sangat terasa dari ramainya para pengunjung yang membeli produk makanan dan minuman yang dijual oleh peserta didik MTsN 1 Kota Kediri.

Acara pembukaan Bazaar ditandai dengan pemotongan tali pita sekaligus sambutan dari Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kediri, Bapak Drs. H. Khoirun Ni'am, ST. Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa acara ini tidak hanya bertujuan untuk melatih kemampuan berwirausaha peserta didik, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong dan kemandirian antar peserta didik.

Salah satu stand yang menarik perhatian adalah stand milik kelas 7I yang menawarkan berbagai makanan dan minuman diantaranya yakni Puding Ubi, Potato Ring, Piscok Rawr, Tahu Kocella, dan Es Garbizz yang memiliki cita rasa yang sangat enak dan lezat meskipun terbuat dari bahan lokal. Makanan dan minuman yang dijual oleh kelas 7I juga dikemas dengan sangat menarik. Selain itu, peserta didik kelas 7I sangat ramah dan responsif ketika melayani pembeli.

Dalam acara ini, peserta didik tidak hanya belajar teori, tetapi juga mempraktikkan langsung bagaimana cara merencanakan, memproduksi, memasarkan, dan menjual produk mereka. Semua pengalaman ini diharapkan dapat memberikan bekal yang berharga bagi mereka di masa depan. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa pendidikan di madrasah tidak hanya berfokus pada akademik, tetapi juga mengembangkan berbagai aspek keterampilan hidup peserta didik. Acara ini diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada stand terbaik yakni kelas 7I sebagai juara I, kelas 7E sebagai juara II dan kelas 7G sebagai juara III. Dengan penghargaan tersebut diharapkan dapat memotivasi peserta didik agar tetap terus berinovasi dan berkarya.

Penyerahan Penghargaan Stand Terbaik Bazaar (Dok. pribadi)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline