Lihat ke Halaman Asli

Kreatif! Mahasiswa Undip Ajak Masyarakat Konsumsi dan Berbisnis Susu di Tengah Pandemi

Diperbarui: 6 Februari 2021   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kadirejo, Klaten (06/2/21) Susu merupakan produk hewani yang berasal dari ternak dan mempunyai manfaat yang penting karena susu mempunyai kandungan gizi yang tinggi sehingga dapat dijadikan alternatif vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

Selain itu, susu mempunyai manfaat untuk tumbuh kembang anak. Salah satu olahan dari susu yaitu susu pasteurisasi yang sangat disukai oleh masyarakat terutama anak-anak. Susu pasteurisasi selain diproduksi di pabrik, juga bisa diolah sendiri dirumah. 

Namun, mengingat sebagian masyarakat belum bisa mengolah susu yang baik dan benar terlebih dalam situasi pandemi covid 19 ini mengharuskan untuk tetap menjaga imunitas maka dilakukan program kegiatan ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga daya imunitas dengan mendukung gerakan minum susu juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid -- 19. Bisa menjadi ladang bisnis bukan?

Mahasiswa TIM I KKN UNDIP yaitu Elsa Oktaria Pratiwi yang berasal dari Fakultas Peternakan dan Pertanian UNDIP melaksanakan kegiatan program kerja mengenai Pelatihan Pembuatan Susu Pasteurisasi Guna Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi Covid -- 19. 

Pelatihan ini dibimbing oleh Lusi Nur Ardhiani, S.Psi., M.Psi. Pelatihan ini dilakukan pada hari Sabtu, (30/1/21) di salah satu rumah warga dengan tetap melakukan protokol kesehatan berupa memakai masker dan mencuci tangan serta memakai handsanitizer. Bahan yang digunakan berupa susu sapi yang didapat dari KUD wilayah setempat dengan harga 7000rb/Liter nya.

Dokpri

Pengolahan susu dimulai dengan menuangkan susu kedalam panci kemudian dipanaskan secara perlahan sampai suhu sekitar 60 -- 70 C. Aduk susu sesekali agar tidak menggumpal. Setelah 30 menit, tambahkan gula ataupun perasa buah sehinngga susu dapat beraneka rasa. Susu pasteurisasi kemudian ditunggu sampai dingin kemudian dimasukkan ke dalam botol kemasan. 

Susu pasteurisasi dapat disimpan ke dalam kulkas. Antusias warga sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan ini. Adapun, jika ingin dilakukan pemasaran olahan susu ini dapat melalui media sosial berupa Whatsapp, Facebook dan Instagram.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline