Lihat ke Halaman Asli

Elsa

Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University

Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media IPB Bersinergi dengan Berangkat.id untuk Mendukung UMKM dan Pariwisata Lokal

Diperbarui: 26 November 2024   02:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai bentuk komitmen untuk mendukung sektor pariwisata lokal dan UMKM, sekelompok mahasiswa dari Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi IPB, berkolaborasi dengan Berangkat.id, sebuah agensi travel yang berfokus pada promosi destinasi lokal. Melalui kolaborasi ini, mahasiswa dan Berangkat.id bertujuan memperkenalkan potensi pariwisata Indonesia ke panggung mancanegara, sekaligus memperkuat keberadaan UMKM lokal di pasar global.Proyek ini mengusung tema "Wander Together, Wonder Forever", yang mencerminkan semangat untuk menjelajahi keindahan dunia bersama, serta menciptakan pengalaman yang tak terlupakan yang akan terus dikenang. Tema ini mengajak para pelancong untuk merasakan perjalanan yang tidak hanya sekadar wisata, tetapi juga sebuah pengalaman penuh makna, di mana setiap destinasi menyimpan cerita dan keajaiban yang akan tetap dikenang selamanya. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkenalkan perjalanan bersama yang lebih mendalam, menggugah rasa penasaran, dan menginspirasi untuk terus mengeksplorasi keindahan Indonesia.

Para mahasiswa terlibat langsung dalam pengelolaan konten digital, mulai dari copywriting, desain visual, hingga manajemen media sosial. Dengan keahlian mereka dalam bidang komunikasi digital, mereka menyusun materi promosi yang menarik untuk memperkenalkan Berangkat.id sebagai mitra utama dalam perjalanan wisata lokal yang autentik. Dalam setiap konten yang dibuat, mahasiswa menonjolkan tema "Wander Together, Wonder Forever" untuk memberikan nuansa yang lebih emosional dan menggugah bagi audiens, agar mereka tidak hanya tertarik untuk berwisata, tetapi juga merasa terhubung dengan keindahan dan keunikan destinasi yang ditawarkan. "Melalui sinergi ini, kami tidak hanya memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan kami dalam dunia komunikasi digital, tetapi juga membantu Berangkat.id dalam meningkatkan eksposur mereka di platform digital, yang pada akhirnya akan membantu memperkenalkan destinasi wisata lokal Indonesia ke pasar internasional," ujar Chairunnisa, salah satu mahasiswa yang terlibat dalam proyek ini.

Berangkat.id, yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat, berkomitmen untuk mengangkat potensi pariwisata lokal Indonesia dan memfasilitasi pengalaman wisata yang autentik dan mendalam. Dengan pengalaman yang berfokus pada perjalanan yang otentik, mereka berusaha untuk menyatukan UMKM lokal dengan dunia pariwisata melalui berbagai layanan yang mereka tawarkan.

Kolaborasi ini diharapkan dapat membuka peluang baru bagi UMKM lokal yang berfokus pada produk dan layanan pariwisata untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta memperkenalkan keindahan dan keragaman budaya Indonesia ke dunia. Di sisi lain, proyek ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang mereka pelajari dalam konteks yang nyata, sekaligus memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. Ke depannya, melalui proyek ini, diharapkan kolaborasi antara mahasiswa dan Berangkat.id dapat terus berkembang, memberikan manfaat tidak hanya bagi UMKM dan sektor pariwisata lokal, tetapi juga bagi mahasiswa sebagai agen perubahan dalam dunia komunikasi digital dan media.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline