Lihat ke Halaman Asli

Launching Buku Karya Siswa SDN 14 Parittiga "Sebelas Anak Laut"

Diperbarui: 12 Agustus 2021   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Launching Buku Karya Siswa SDN 14 Parittiga, Sebelas Anak Laut

Parittiga --- Pengenalan literasi kepada siswa adalah sebuah keharusan, apalagi di tengah Pandemi yang lebih banyak bersentuhan dengan dunia digital. Tak bisa dielakkan bahwa mau tidak mau, suka tidak suka semua harus bersentuhan dengan gawai. Ini menyiasati ini musti harus cerdik dan pandai, demi terpenuhinya nilai dan pengetahuan siswa. Oleh sebab itu salah satu untuk memunculkan itu adalah dengan berkarya.

Pada hari Kamis (12/8/2021), bertempat di SDN 14 Parittiga, Bangka Barat, dilakukan launching buku karya siswa. Buku diberi judul "Sebelas Anak Laut", merupakan buah karya dari tugas yang diberikan kepada siswa di masa liburan pada saat awal Pandemi hadir di Nusantara (Indonesia), yakni awal tahun 2020. Tugas berupa cerita pengalaman para siswa kelas 6 angkatan 2019/2020 yang berjumlah 11 orang.

Launching Buku siswa ini dibuka langsung oleh kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikpora) Bangka Barat, bapak Drs. Rukiman, M.Si.

Dalam sambutan, bapak Rukiman menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada kepala sekolah dan para pegawai serta guru yang ada di SDN 14 Parittiga, yang berada di ujung namun masih mampu berkreasi dan menghasilkan karya. Semoga karya ini menjadi motivasi dan memberikan manfaat.

Buku ini merupakan antologi tulisan siswa kelas 6 angkatan 2019/2020, berkaitan dengan pengalaman mereka selama kegiatan liburan di awal Pandemi hadir di Indonesia tahun 2019. Mereka juga menjadi lulusan di tengah Pandemi. Kemudian tulisan-tulisan tersebut dikumpulkan, di sunting dan diedit serta dirapikan oleh dua orang guru, yakni Suryan Masrin dan Zevri Mulyansyah. Dan akhirnya disajikan dalam bentuk sebuah buku.

Selain itu, sebelumnya para guru di SDN 14 Parittiga juga telah menorehkan karya buku, Cumlaude yang Melalaikan oleh Zevri Mulyansyah, S.Pd, Sejarah Lokal; Peradong dalam Bingkai Historis oleh Suryan, dan beberapa Antologi keikutsertaan guru Surya Wati, S.Pd, Zevri Mulyansyah, S.Pd, dan Suryan. Buku-buku tersebut telah tersusun rapi di rak perpustakaan sekolah.

Dalam launching Buku ini, juga dihadiri oleh kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, Bapak Drs. Rukiman, M.Si, Pengawas Kecamatan Parittiga, Ibu Nispuati, S.Pd., Kepala SDN 14 Parittiga, Suminan, S.Pd.SD, dan para guru serta pegawai dan juga komite sekolah dan perwakilan wali murid.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline