Lihat ke Halaman Asli

Elok Indrawati

a learner, a dreamer, a planner

Agar Tubuh Tetap Fit dan Sehat Saat Puasa dengan Mengonsumsi 8 Gelas Air Putih

Diperbarui: 6 April 2023   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar:engin akyurt/unplash.com

Assalamualaikum kompasianers... Bagaimana puasa hari ini? Semoga kita semua diberi kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa.

Kalau dipikir-pikir, tubuh manusia ini hebat sekali loh. Kita bisa tahan tidak makan dan minum selama hamper 14 jam. Agar kita tetap fit dan sehat menjalankan puasa selama 14 jam, kita perlu mengonsumsi makanan yang cukup nutrisinya saat berbuka puasa dan sahur. Terutama mengkonsumsi air 8 gelas sehari agar tidak dehidrasi. Selain karena tubuh manusia Sebagian besar terdiri dari air, mengonsumsi air juga dibutuhkan agar fungsi organ tubuh kita bekerja dengan maksimal.

Kebutuhan cairan tubuh setiap orang berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh, aktivitas apa yang dilakukan dan juga kondisi cuaca. Tentu orang yang sedang berolahraga kebutuhan cairannya beda dengan orang yang sedang tidur atau duduk-duduk sambil membaca. Pada saat cuaca terik tentu respon tubuh kita akan mengirim sinyal haus lebih sering daripada saat cuaca sedang hujan. Tetapi pada umumnya orang dewasa membutuhkan 2 liter air atau sekitar 8 gelas air putih per hari.

Bagaimana jika tubuh kita kekurangan cairan? Jika tubuh kekurangan cairan, fungsi tubuh akan terhambat termasuk ketika berpuasa di bulan Ramadan. Dilansir dari sehatku.com kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi bisa sangat berbahaya. Apabila seseorang terlalu lama mengalami dehidrasi saat puasa, bisa terjadi komplikasi seperti:

  • Tekanan darah rendah, ini menyebabkan jumlah oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh juga menurun.
  • Kejang akibat ketidakseimbangan elektrolit.
  • Masalah ginjal, seperti infeksi saluran kemih dan batu ginjal.
  • Sengatan panas (heatstroke).

Mengingat bahaya dehidrasi yang bisa saja terjadi saat puasa, kita harus tetap mengonsumsi air sebanyak 2liter atau sekitar 8 gelas. Tentu kita tidak bisa langsung meminumnya sekaligus diwaktu berbuka puasa atau pas sahur. Berikut cara mengonsumsi air saat bulan puasa agar terpenuhi 8 gelas dalam sehari walapun kita puasa:

  • Minum 1 gelas air saat buka puasa.
  • Minum 1 gelas setelah makan (berat) buka puasa.
  • Minum 1 gelas sebelum shalat tarawih
  • Minum 1 gelas setelah shalat tarawih
  • Minum 1 gelas menjelang tidur
  • Minum 1 gelas setelah bangun tidur
  • Minum 1 gelas sebelum makan sahur
  • Minum 1 gelas setelah setelah makan sahur

Selain minum air 8 gelas agar saat puasa tidak dehidrasi kita juga harus menghindari minuman dengan kandungan gula tinggi, menghindari minuman berkafein., selalu mengonsumsi buah dan sayur, membatasi konsumsi garam serta membatasi aktivitas di luar ruangan di siang hari saat berpuasa.

Itulah beberapa cara agar kita terhindar dari dehidrasi. Semoga dengan tips tadi, kita bisa terhindar dari dehidrasi, sehingga puasa kita lancar,  tubuh tetap fit dan sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline