Lihat ke Halaman Asli

Elni Sopianti

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Mataram

Pasar sebagai Tempat Bertemunya Permintaan dan Penawaran

Diperbarui: 19 April 2023   21:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PASAR

seperti yang kita tahu sendiri bahwa pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli barang dan jasa. selain itu, pengertian pasar juga merujuk pada sarana penjual mengenalkan dan mempromosikan barang dan jasa kepada pembeli. oleh karena itu, pasar merupakan tempat transaksi antara penjual yang mempromosikan barang dan jasa dengan pembeli sebagai konsumen dari barang dan jasa tersebut. fungsi utama dari pasar yakni sebagai sarana distribusi, pembentukan harga dan distribusi. Tujuan adanya pasar juga yaitu membantu memperlancar penjualan hasil produksi dan memudahkan memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan serta membantu menyediakan segala macam barang dan jasa, dan juga untuk memperlancar aliran ekonomi masyarakat.

selain itu, ada beberapa model pasar yang ada. berikut merupakan model pasar antara lain:

  • pasar persaingan  sempurna : pasar yang diperuntukkan untuk persaingan yang berada di level besar. Dalam hal ini penjual sama-sama menjual barang sejenis dan tidak ada persaingan harga di dalamnya. Mekanisme harga ditentukan dengan tingkat permintaan dan penawaran. Contoh pasar persaingan sempurna yakni perusahaan beras
  • Pasar Monopoli : jenis pasar ini berkebalikan dengan persaingan sempurna, dimana dalam pasar ini hanya satu penjual yang satu jenis barang tertentu. Hal tersebut dapat membuat perusahaan yang memiliki hak tersebut dapat mengatur harga dalam penjualan jenis barang maupun jasanya. Contohnya seperti PT PLN Persero
  • Pasar Monopolistik: pasar ini berada di tengah-tengah monopoli dan persaingan sempurna. Pasar ini mengumpulkan banyak penjual yang menjual produk yang berbeda. Ciri pasar ini adalah tidak ada homogenitas antara produk dari setiap perusahaan serta kebebasan bagi perusahaan-perusahaan untuk masuk ke pasar. Contohnya yakni restoran cepat saji seperti KFC, McDonalds, Dll.
  • Pasar Oligopoli : pasar ini didominasi oleh sejumlah perusahaan kecil yang bersaing. Masing-masing perusahaan memiliki kekuatan yang cukup besar untuk memengaruhi harga pasar. Bahkan perusahaan raksasa dapat memengaruhi 70-80 persen dari harga pasar. Contohnya yakni persaingan perusahaan smartphone.
  • Pasar Monopsoni :  pasar ini hanya memiliki satu penjual dan memiliki pembeli tunggal dengan pelaku usaha secara otomatis menguasai pasar komoditas. Contohnya yakni pasar sayuran di daerah terpencil
  • Pasar Oligopsoni : pasar ini memiliki 2 atau lebih pembeli yang menguasai pasar dalam hal penerimaan barang. Cth: petani yang menjual hasil tani seperti cabai, tomat dan sayuran lainnya ke Kota.

dengan mengetahui model-model pasar di atas, kita dapat mengetahui bagaimana persaingan pasar serta permintaan dan penawaran yang ada dalam masing-masing model pasar berdasarkan kebutuhan yang dibutuhkan oleh konsumen maupun perusahaan.

saat ini, ada beberapa jenis pasar yang ada di dunia bahkan di Indonesia. jenis pasar ini memiliki fungsi masing-masing dan memiliki jenis konsumen yang berbeda pula. adapun jenis pasar tersebut antara lain:

1. Pasar Tradisional

Pasar tradisional merupakan jenis pasar untuk melakukan jual beli barang dan jasa yang ditandai dengan jual beli secara langsung dan biasanya ada proses tawar menawar. Selain sebagai tempat jual beli, pasar tradisional merupakan tempat bagi masyarakat untuk mencari nafkah sehari-hari. Pasar tradisional biasanya dikelola langsung oleh pemerintah daerah masing-masing. Di dalamnya terdapat bermacam jenis usaha yang beragam dengan proses tawar menawar merupakan hal yang lumrah disana. Biasanya, produk yang ditawarkan merupakan produk-produk lokal dan hasil tani sendiri.

2. Pasar modern

Pasar modern merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Karena penentuan harganya sudah pasti, pasar modern tidak bias melakukan transaksi tawar menawar dalam proses jual belinya. Pasar modern hadir karena berkembangnya gaya hidup masyarakat. Pasar modern biasanya dikelola oleh perusahaan swasta. Di dalamnya terdapat beragam jenis produk yang banyak jenisnya diimpor dari berbagai daerah maupun mancanegara.

3. Pasar Digital (E-Commerce)

pasar Digital (E-Commerce) Merupakan jenis pasar yang dilakukan dengan bertransaksi melalui Gadget atau perangkat elektronik. Platform ini melakukan pemasaran produk berbasi dengan internet. Ada berbagai macam jenis aplikasi bahkan Website atau situs-situs yang melakukan pemasaran dalam digital ini. Perkembangan ini terjadi dengan adanya perkembangan konsumsi masyarakat dan kebanyakan masyarakat merasa repot untuk datang ke pasar secara langsung. Oleh karena itu, masyarakat memanfaatkan platform tersebut untuk berbelanja secara Online.

PERMINTAAN & PENAWARAN

-PERMINTAAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline