Mulai dari diri
Sebelum memulai proses pembelajaran, yang saya pikirkan tentang topik ini ialah saya akan mempelajari mengenai bagaimana saya sebagai guru dapat memahami bagaimana isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi, dan politik, serta bagaimana factor-faktor ini mempengaruhi pendidikan di Indonesia.
Saya menyadari bahwa sebagai seorang pendidik saya harus siap untuk mengimplementasikan pembelajaran dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi, dan politik, karena dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut akan memudahkan saya dalam menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna, dan dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk menyesuaikan dengan factor sosiokultural dalam diri peserta didik sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan bagi peserta didik dalam belajar.
Eksplorasi konsep
Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?
Dari konsep dalam topik ini, saya mempelajari bahawa interpretasi kontekstual dan budaya dari ide-ide Vygotsky sangat penting untuk memahami dan menerapkan teori tersebut secara efektif dalam praktik pendidikan.
Hal ini menggaris bawahi perlunya mempertimbangkan perbedaan budaya dalam memahami konsep-konsep psikologi dan pendidikan. Selain itu, terlibat dalam dialog dialog antar budaya dapat mengubah persepsi peserta didik terhadap teori dan membantu mereka mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan pengalaman pribadi dan budaya mereka sendiri.
Selain mempelajari konsep ini, pada bagian akhir eksplorasi konsep saya menjawab beberapa pertanyaan reflektif terkait dengan pandangan saya mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan di Indonesia, dimana saya sebagai pendidik selalu siap dan pastinya mempunyai tanggung jawab yang besar untuk mengajar dengan memahami isu-isu perspektif sosiokultural dalam diri peserta didik agar dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna dan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
Ruang kolaborasi
Dalam ruang kolaborasi ini saya bersama dengan teman-teman dalam kelompok berdiskusi dan berbagi hasil pandangan kami masing-masing mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi, dan politik yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran.
Selanjutnya hasil diskusi dan refleksi ini kami kolaborasikan bersama untuk menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada bagian ruang kolaborasi. Melalui diskusi ini saya dapat mengetahui dan mempelajari bagaimana pandangan teman lain mengenai kesiapan mereka sebagai pendidik dalam mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi, dan politik.
Demonstrasi kontekstual
Hal penting yang dapat saya pelajari proses demonstrasi kontekstual ini yaitu pada kegiatan presentasi hasil diskusi kelompok.
Pada kegiatan presentasi ini, saya dapat mempelajari bagaimana pandangan kelompok lain mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi, dan politik yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran, selain itu juga dapat menemukan perbedaan dan persamaan dari masing-masing pendapat kelompok mengenai kesiapan dalam mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah.