STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SATUAN PENDIDIKAN MENENGAH ATAS
Oleh: Elmiya Sari, S.Pd.
Artikel 9
Tantangan 70 hari Menulis PMA
Writing is my Passion.
STRUKTUR KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN MENENGAH ATAS.
Kurikulum merdeka belajar yang dicetuskan oleh mentri pendidikan kita bapak Nadiem Anwar Makarim mempunyai filosofi pendidikan berdasarkan filosofi dari bapak pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara. Sistem among yang menjadi dasar pengajaran dan pendidkan mempunyai arti yang mendalam.
Among/ngemong atau emban dalam Bahasa Jawa mempunyai makna guru sebagai pengajar dan pendidika bertugas membimbing siswa layaknya seorang pengasuh denagn penuh kasih sayang. Lebih dalam lagi makna mengasuh disini adalah guru sebagai pengajar maupun pendidik mengarahkan bakat, minat dan keinginan anak dengan prosese pembelajaran dua arah.
Pembelajaran dua arah yaitu pembelajaran yang dapat membawa murid berinovasi dan bernalar kritis dengan menjadikan murid sebagai subjek dari pembelajaran bukan objek pembelajaran dimana guru satu-satunya sumber belajar.
"Anak bukanlah kertas kosong yang dapat dicorat-coret sesuka hati guru. Anak adalah kertas buram yang sudah mempunyai goresan namun tak nampak "(Bukik Setiawan). Dan tugas guru adalah membimbing siswa menebalkan goresan indah pada anak serta menenggelamkan goresan tak baik pada anak.