Lihat ke Halaman Asli

Apakah Lingkungan Berpengaruh dalam Pembentukan Karakter?

Diperbarui: 9 November 2022   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Jawabannya tentu saja iya. Sangat berpengaruh malah. Kenapa begitu ? Karena manusia itu hidup dalam lingkungan. Mari kita bagi lingkungan itu kepada tiga kelompok.

1. Lingkungan keluarga

Seseorang lahir di tengah keluarga. Disinilah awal mula seseorang mulai tumbuh dan besar. Bagaimana karakter anak itu kedepannya, dimulai dari didikan atau pola asuh dari keluarga itu sendiri. 

Baik tidaknya karakter seseorang sangat tergantung kepada bagaimana kedua orang tua mendidiknya dalam keluarganya. Karena keluarga adalah madrasah pertama bagi seseorang di atas dunia ini. 

Di samping itu keutuhan sebuah keluarga juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis seseorang. Betapa banyak anak yang tingkah lakunya brutal akibat keluarganya broken. Emosi jiwanya jadi tidak terkontrol lagi karena adanya gangguan psikologis yang ia derita. Katakanlah kurangnya perhatian dari kelurga.

Atau adanya kekerasan fisik dan lain sebagainya dalam keluarga. Walau pun bukan kepada dia, mungkin kepada salah satu dari kedua orang tuanya, atau saudaranya yang lain. Nah hal ini sangat berpengaruh kepada perkembangan psikologisnya.

2. Lingkungan sekolah

Lingkungan sekolah adalah faktor kedua yang akan membentuk karakter seseorang. Disini peran guru sangat dituntut untuk selalu berbuat adil kepada anak-anak. Karena sekolah adalah kelanjutan dari keluarga. 

Dimana seseorang akan mengalami kontak sosial yang lebih luas dari keluarga. Disini seseorang akan bergaul dengan banyak orang yang berbeda-beda karakternya. Maka jangan sampai seorang anak katakanlah begitu salah bergaul dengan sahabatnya yang tidak baik. 

Disini guru juga dituntut untuk mematangkan karakter anak agar dia bisa terjun untuk bergaul dengan lingkungan masyarakat.

3. Lingkungan masyarakat 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline