Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa PMM UMM Kembangkan Kawasan Sentra Industri Tape

Diperbarui: 22 Februari 2024   13:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembuatan Plang Kawasan Sentra Industri Tape/dokpri

Kelompok 63 Gelombang 8 PMM Universitas Muhammadiyah Malang melakukan PMM di Desa Banjarsari kec. Ngajum, Kab. Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Selain itu, melalui PMM ini mahasiswa menyelenggarakan berbagai kegiatan positif pada masyarakat. Salah satu tujuannya untuk Memajukan industri Tape di desa tersebut.

Kegiatan PMM kelompok 63 gelombang 8 pada tanggal 14 Januari 2024. dilakukan oleh Achmad Yuda (ketua pelaksana), Elmi iftachul, Lutfi kurnia, dan Muhammad Raihan, M Choirul I, yang berasal dari prodi Teknik Mesin dan didampingi oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Ibu Inda Rusdia Sofiani, S.T., M.Sc..

Kegiatan pembuatan plang memerlukan persiapan bahan dan peralatan, seperti cat besi, gerinda, stiker, dan las. Dan cara pembuatanya yang pertama yaitu memotong dan menyambung besi plat menjadi ukuran 1,5m dan kemudian menyambung besi hollow di samping kanan dan kiri dengan ukuran 3m , setelah plang terbentuk langkah selanjutnya yaitu pengecatan dan pemasangan stiker. 

Sedangkan pemasangan rambu-rambu, kami langung memprint banner dan memasang dengan kawat pada pohon/tiang di sekitar jalan. Adapun kegiatan lainya yang kelompok 63 gelombang 8 dari Universitas Muhammadiyah Malang yaitu pembersihan area sekitar punden banjar sari.

Dengan adanya kegiatan ini mahasiwa dapat memberikan feedback bagi masyarakat dan desa untuk melaksanakan kegiatan:

1. Mengembangkan Industri desa dengan cara memuat plang penanda. yang dimana desa tersebut merupakan pusat industri tape.

2. Membantu mengurangi tingkat kecelakaan dikarenakan banyaknya rambu-rambu agar pengendara lebih hati-hati.

3. Membangun rasa saling membantu dan gotong royong antar masyarakat di desa,

Kegiatan ini sesuai dengan program kerja kegiatan PMM kelompok 63 gelombang 8 sehingga dengan adanya kegiatan ini, Industri dalam desa dapat menjangkau lebih luas lagi, dan pemasangan rambu-rambu pada jalan juga dapat mengurangi tingkat kecelakaan di jalan desa tersebut. Dan dengan diberikannya kesempatan oleh kepala desa dan masyarakat, kita memaksimalkan kegiatan ini untuk membangun desa dan tak lupa partisipasi dan antusiasme dari karang taruna desa banjar sari. 

Dengan dilakukannya kegiatan ini kami berharap industri dalam desa dapat menjadi semakin meluas. Dan terimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Malang yang memberikan kesempatan juga agar mahasiswa dapat membantu masyarakat dan mengembangkan inovasi dan kreatifitas di lingkungan masyarakat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline