Lihat ke Halaman Asli

Bangunlah Jiwa dan Raganya dengan Pembiasaan Senam Pagi Wujudkan Hidup Sehat kreatif dan inovatif

Diperbarui: 18 Agustus 2024   09:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kelompok 87 gelombang 2 PMM UMM

Program Pengabdian Masyarakat (PMM) Bhaktiku Negeri merupakan salah satu program yang dijalankan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Program PMM oleh Universitas Muhammadiyah Malang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktek secara langsung dan membuktikan bahwa mahasiswa dapat berperan nyata dalam masyarakat.

Program PMM Bhaktiku Negeri ini dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli 2024 hingga tanggal 19 Agustus 2024. Kegiatan PMM Bhaktiku Negeri dinaungi oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang dan Dosen pembimbing lapang (DPL) Nafik Muthohirin,S.Pd.I.MA.Hum.

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), Universitas Muhammadiyah Malang, dilakukan oleh kelompok 87, Gelombang 2, Tahun 2024.

 Siswa-siswi SDN Bulukerto 03 melakukan senam pagi. 

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang sangat perlu diadakan secara rutin untuk menjaga kesegaran jasmani para siswa di sekolah dan merupkan salah satu aktifitas jasmani yang efektif untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan siswa siswi SDN BULUKERTO 03.

Gerakan-gerakan pada senam pagi selain melatih otot-otot pada tubuh juga melatih gerakan motorik pada anak. Dengan gerakan motorik yang terlatih, diharapkan anak, dalam hal ini siswa siswi SDN BULUKERTO 03 dapat lebih terampil dan kreatif dalam melakukan aktifitas sekolah sehari-hari. 

Selain itu, gerakan senam pagi juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga siswa-siswi SDN BULUKERTO 03 lebih sehat dan segar, mencegah siswa SDN BULUKERO 03 agar tidak mengantuk dan bermalas malasan di kelas. Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi siswa-siswi SDN BULUKERTO 03 karena kandungan vitamin D alaminnya. Jika siswa-siswi SDN BULUKERTO 03 sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi mereka akan meningkat dan memudahkan mereka untuk menangkap pelajaran yang diberikan oleh guru didalam kelas.

Tidak hanya itu, dengan program kurikulum merdeka mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang terapkan kreatifitas siswa-siswi  SDN BULUKERTO 03 untuk menciptakan hal baru dari barang bekas seperti mendaur ulang botol untuk pot bunga, membuat bunga dari sedotan dan masih banyak yang lainnya.

Daur ulang adalah langkah penting untuk menjaga lingkungan kita dari dampak buruk limbah. Namun, lebih dari sekedar memilah dan mendaur ulang sampah, ada potensi besar dalam mengubah barang bekas menjadi karya seni yang menarik. Praktik daur ulang kreatif tidak hanya mengurangi jumlah sampah yang mencemari lingkungan, tetapi juga menginspirasi kreatiitas dan inovasi siswa-siswi SDN BULUKERTO 03 dalam mengolah barang bekas menjadi karya nilai yang tinggi. Melalui program kurikulum merdeka mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ini siswa---siswi SDN BULUKERTO 03 akan tahu tips tentang bagaimana mengubah barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat dan estetis.

Mari kita bersama-sama menyelami dunia daur ulang kreatif dan mendorong gaya hidup ramah lingkungan serta menyenangkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline