Lihat ke Halaman Asli

Senin "Enggak Papa": It's Okay Not to Be Okay

Diperbarui: 28 Maret 2023   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seringnya bilang “nggak papa” padahal sebenarnya sedang tidak baik-baik saja. Siapa dia? Manusia terkhusus wanita. Benar tidak?

Dibalik kata “nggak papa” nya wanita ternyata kita bisa belajar banyak hal loh, mau tau?

1. Belajar Mandiri

Dengan bilang “nggak papa” kita tidak akan berekspektasi dan berharap terlalu tinggi pada orang lain. Justru kita akan lebih mengandalkan diri sendiri dan sadar bahwa hidup perlu untuk diperjuangkan sendiri. Dan jangan sampai hidup kita bergantung sama orang lain. Karena kalau kita bergantung sama orang lain, yang ada ujungnya bisa kecewa dan merasa tersakiti ketika hal yang kita dapat tidak sesuai ekspektasi. Jadi lebih baik berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) alias mandiri.

2. Belajar Letting Go

Kehilangan, mungkin menjadi satu hal yang mengerikan. Apapun itu, kehilangan seakan menjadi hal yang paling tidak diinginkan. Tapi, ternyata merasa kehilangan bisa lebih mereda setelah kita terbiasa “nggak papa”. Teman hilang “nggak papa, besok bakalan ketemu teman yang sefrekuensi lagi”. Pacar hilang “nggak papa, mungkin dia bukan yang terbaik, jadi bisa memilih cowok yang kualitasnya lebih tinggi lagi”. Kesempatan hilang “nggak papa, kesempatan emang nggak datang dua kali, karena kesempatan bukan untuk didatangi tapi dicari atau bahkan kita bisa membuatnya sendiri”. 

So, gais, kehilangan sebenarnya nggak semengerikan itu ya, yang menjadikan sakit sebenarnya ekspektasi kita yang terlalu tinggi. Ketika kehilangan sesuatu juga duniamu tidak berhenti. Jadi kenapa kamu harus berhenti? It’s oke not to be ok, semua pasti ada konsekuensi, tapi kesedihan selalu meninggalkan pelajaran bukan? Jadi belajar yuk untuk letting go, dan mulai berdamai dengan diri sendiri.

3. Hidup Bukan Untuk Bahagia

“Kamu kenapa? Nggak papa” percakapan singkat tapi menimbulkan banyak prahara. Hidup memang nggak melulu harus baik-baik saja, harus ada bumbu-bumbunya, sedih, kecewa, misalnya. Karena tujuan hidup memang bukan untuk bahagia, kok bisa? Ya, hidup memang bukan untuk bahagia, karena bahagia juga punya risiko, yaitu sedih dan kecewa sebagai pasangannya. Seringkali kita juga memberi syarat pada bahagia, untuk sama seperti yang lainnya. Padahal apa yang dilihat membahagiakan belum tentu bahagia yang sebenarnya. Jadi, jangan jadikan bahagia sebagai tujuan ya dan nggak papa kalo kita nggak bahagia.

Setiap keadaan pasti memiliki pelajaran. Kita dapat melihat berbagai keadaan dengan berbagai sudut pandang untuk dapat melihat berbagai nilai di dalamnya. Karena positif-negatif selalu berjalan berdampingan. Meskipun kamu bisa untuk “nggak papa” tapi yang lebih baik adalah kamu bisa jujur dengan diri kamu sendiri ya!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline