Proses pembelajaran tidak lepas dari tempat pembelajaran bahkan kondisi tempat pembelajaran menggambarkan kualitas Pendidikan di tempat itu, siswa siswi pun Ketika belajar ditempat yang tidak nyaman maka akan mengganggu fokus mereka di saat ada proses pembelajaran.
Oleh sebab itu, kelompok 59 gelombang 8 program PMM dengan dosen pembimbing lapangan Delora Jantung Amelia, M.Pd melakukan kegiatan penataan dan bersih-bersih di dalam kelas yang merupakan tempat utama pembelajaran.
Mengapa kami memilih ruang kelas sebagai tempat utama untuk dibersihkan dan dirapikan? Karena ruang kelas adalah tempat dimana pembelajaran dilakukan hampir setiap hari dan menjadi tempat utama dalam mengenyam Pendidikan. Kegiatan yang kami lakukan di ruang kelas bukan hanya bersih-bersih tetapi kita ada program yang namanya 3M untuk mencegah adanya penyakit Demam Berdarah Dengue.
Kegiatan ini dilakukan pada saat jam pembelajaran dan sebelumnya kami sudah izin kepada guru yang mengajar di jam tersebut untuk melakukan kegiatan bersih-bersih dan merapikan ruang kelas.
Kegiatan dimulai dengan doa bersama setelah itu kami membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk membersihkan beberapa tempat di dalam kelas mulai dari merapikan bagian belakang seperti perpustakaan buku dan tempat karya seni, membuang plastik atau sisa-sisa makanan di dalam rak meja, membersihkan jendela, merapikan bangku guru, dan menyapu halaman lantai di dalam kelas, dan kegiatan yang paling penting adalah kita membuang sisa air yang tidak terpakai di dalam gelas atau tempat yang mudah menggenangkan air agar tidak menjadi sarang nyamuk.
Dengan adanya kegiatan ini kami berharap agar siswa siswi di SDN Sidomulyo lebih bisa fokus dan nyaman dalam proses pembelajaran yang tentunya guru pun akan tenang dan senang Ketika murid yang dididiknya nyaman dalam proses pembelajaran tersebut
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H